Emaus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Supper at Emmaus (Makan malam di kota Emaus) lukisan Caravaggio, 1601

Emaus (bahasa Yunani: Ἐμμαούς; bahasa Latin: Emmaus; bahasa Ibrani: חמת Hamat, artinya "sumber air panas", bahasa Arab: عِمواس, Imwas) adalah sebuah kota kuno yang terletak kira-kira 7 mil (11 km) di barat laut kota Yerusalem sekarang. Injil Lukas (pasal 24) dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen mencatat bahwa Yesus Kristus menampakkan diri kepada dua orang murid-Nya dalam perjalanan sampai ke kota ini pada hari pertama setelah kebangkitan-Nya dari kematian (yaitu pada hari Minggu).[1][2]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Dalam Injil Lukas disebutkan bahwa kedua murid itu sedang berjalan dari Yerusalem ke Emaus, ketika seorang yang kemudian ternyata Yesus Kristus mendekati dan bercakap-cakap dengan mereka sampai kemudian bersedia diundang masuk ke dalam rumah dan makan roti bersama-sama mereka. Jarak Yerusalem ke Emaus digambarkan sekitar 60 stadia (10,4 sampai 12 km tergantung dari definisi stadia yang dipakai). Salah satu murid itu bernama Kleopas (ayat 18), sementara yang lain tidak disebut namanya.[1]

Rujukan di sumber lain[sunting | sunting sumber]

Bartolomeo Cavarozzi, Menyunting Emaus

Menurut Kitab 1 Makabe 3:55-4:22, sekitar tahun 166 SM Yudas Makabe berperang melawan tentara Seleukiyah di daerah Emaus, dan muncul sebagai pemenang dalam "Perang Emaus". Kemudian, kota ini diperkuat pertahanannya oleh Jenderal Bacchides, dari kerajaan Seleukia (1 Makabe 9:50). Ketika Romawi mengambil alih kekuasaan, tanah itu dijadikan toparchy, dan dibakar atas perintah Varus setelah kematian raja Herodes Agung sekitar tahun 4 SM. Dalam perang Yahudi pertama, sebelum pengepungan Yerusalem, Vespasian mengirimkan legion ke-5 ke sana sementara legion ke-10 berada di Yerikho. Kota ini diganti namanya menjadi Nicopolis pada tahun 221 oleh kaisar Elagabalus, yang memberi gelar “kota” menuruti permintaan delegasi dari Emaus. "Wabah Emaus" pada tahun 639 menyebabkan matinya sampai 25.000 penduduk kota ini.

Identifikasi lokasi[sunting | sunting sumber]

Ada sejumlah tempat yang diusulkan sebagai lokasi kota Emaus, antara lain "Emmaus Nicopolis" (sekitar 160 stadia dari Yerusalem), Kiryat Anavim (66 stadia dari Yerusalem melalui jalur kereta kuda ke Jaffa), Coloniya (36 stadia pada jalur kereta kuda ke Jaffa), el-Kubeibeh (63 stadia, pada jalur Romawi kuno ke Lod atau Lydda), Artas (dekat Betlehem) (60 stadia dari Yerusalem) dan Khurbet al-Khamasa (86 stadia pada jalanan Romawi ke Eleutheropolis). Identifikasi tertua adalah tempat yang sekarang dikenal sebagai Emaus Nicopolis.

Identikasi modern pertama Emaus dilakukan oleh petualang dan sarjana Edward Robinson, yang menyamakannya dengan desa Arab Palestina, Imwas. Sebelum hancur pada tahun 1967, desa Imwas terletak di ujung lembah Ayalon, pada perbatasan daerah perbukitan Yudea, sekitar 153 stadia (18.6 mil) dari Yerusalem melewati Jalur Kiryat Yearim Ridge Route, 161 stadia (19.6 mil) lewat "Beth-Horon Ridge Route" dan 1.600 kaki (490 m) lebih rendah dari permukaan laut.

Eusebius rupanya orang pertama yang menyebutkan Nicopolis sebagai kota Emaus yang disebut di Alkitab dalam tulisannya "Onomasticon". Hieronimus, yang menerjemahkan kitab-kitab tulisan Eusebius menyatakan pada suratnya 108 bahwa ada sebuah gereja di Nicopolis yang dibangun di atas rumah Kleopas dimana Yesus memecahkan roti di akhir perjalanan tersebut. Dari abad ke-4, tempat itu umumnya dikenal sebagai bekas kota Emaus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lukas 24: 13-35
  2. ^ Encyclopedia Judaica, Keter Publishing House, Jerusalem, 1972, "Emmaus," Vol. 6, halaman 726-727

Templat:New Testament places associated with Jesus