Elyon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Elyon (Alkitab Ibrani עליון; Masoretik ʿElyōn; secara tradisional disebut di Samaria sebagai illiyyon) adalah julukan yang merujuk kepada Tuhan bangsa Israel dalam Alkitab Ibrani. ʾĒl ʿElyōn biasanya diterjemahkan sebagai "Tuhan yang Maha Tinggi", atau tertulis dalam Septuagint sebagai "Ο ΘΕΟΣ Ο ΥΨΙΣΤΟΣ" ("Tuhan yang Maha Tinggi").

Cendekiawan Yahudi reformis, rabbi Abraham Geiger, menganggap bahwa sebutan Elyōn berasal dari zaman kemudian, yaitu pada zaman Makabi. Akan tetapi, nama tuhan ini telah disebut dalam prasasti dari zaman Ugarit (kini Ras Shamra, Suriah) hal ini membuktikan bahwa asal mulanya lebih tua, yaitu pra-Musa (Hertz 1936).

Istilah ini juga digunakan dalam konteks non-religius sehari-hari, yang berarti "yang diatas", "puncak", atau "paling tinggi", yang merujuk pada posisi suatu benda (misalnya menyebut pada keranjang dalam Kejadian 40.17 atau kepada ruangan dalam Yehezkiel 42.5).

Elyon dalam tradisi Ugarit[sunting | sunting sumber]

Marvin H. Pope dalam bukunya, "El in the Ugaritic texts," menyebutkan, "Meskipun Elyon tidak disebutkan dalam naskah-naskah Ugarit,..."[1] terus menyatakan bahwa gelar Elyon secara khusus tidak ditemukan dalam naskah-naskah Ugarit.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referencsi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pope, Marvin (1955). El in the Ugaritic texts. Brill. hlm. 55. Diakses tanggal 4 June 2015. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

Templat:Nama Tuhan