Pengkih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Elm)
Pengkih
Ulmus minor,

East Coker, Somerset, UK.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Ulmus

Dardar[1] , namu atau pengkih, (bahasa inggris : elm) adalah tumbuhan berkayu keras dan berdaun lebar dari genus Ulmus famili Ulmaceae. Pohon gugur tinggi yang biasanya memiliki daun bergerigi kasar dan disebarkan dari pengisap akar. Genus ini merupakan tumbuhan asli Asia Tengah sejak zaman Miocene.[2] Tumbuhan ini lalu menyebar di belahan bumi utara, terutama kawasan beriklim sedang dan pegunungan subtropis dan tropis yang tinggi di Eurasia dan Amerika Utara hingga ke Indonesia. Salah satunya yang dapat ditemukan di Indonesia adalah pengkih sumatra atau Ulmus lancefolius.

Pengkih dapat tumbuh tinggi dan sering dijadikan tanaman hias. Namun Pengkih rentan terhadap serangan hama, terutama dari fungi Ophiostoma yang disebarkan oleh kumbang. Genus ini merupakan tumbuhan hermafrodit dengan bunga sempurna yang dapat diserbuki oleh angin.[3] Tumbuhan ini dapat bertahan pada jangkauan tingkat keasaman tanah yang lebar namun membutuhkan drainase yang baik.

Salah satu spesies Pengkih di indonesia, Pengkih sumatra (Ulmus lanceifolia) dimanfaatkan oleh suku Karo batak untuk diambil kayunya sebagai material rumah.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Genus ini bersifat hermafrodit , mempunyai bunga sempurna berbentuk kelopak yang penyerbukannya dilakukan oleh angin. Daun Pengkih berseling, dengan tepi bergerigi sederhana, tunggal atau, paling umum, bergerigi ganda , biasanya asimetris di pangkal dan runcing di puncak . Buahnya berbentuk samara bulat yang tersebar oleh angin dan disiram dengan klorofil , memfasilitasi fotosintesis sebelum daun muncul. Semua spesies toleran terhadap berbagai jenis tanah dan tingkat pH tetapi, dengan sedikit pengecualian, memerlukan drainase yang baik. Pohon pengkih dapat tumbuh sangat tinggi, pohon pengkih Amerika dapat tumbuh hingga lebih dari 30 m (100 kaki).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stevens, Alan M.; Tellings, A. Ed Schmidgall (2004). A Comprehensive Indonesian-English Dictionary (dalam bahasa Inggris). Ohio University Press. ISBN 978-0-8214-1584-9. 
  2. ^ Richens, R. H. (1983). Elm. Cambridge University Press.
  3. ^ Heybroek, H. M., Goudzwaard, L, Kaljee, H. (2009). Iep of olm, karakterboom van de Lage Landen (:Elm, a tree with character of the Low Countries). KNNV, Uitgeverij. ISBN 978-90-5011-281-9

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Richens, R. H. (1983). Elm. Cambridge University Press. ISBN 0-521-24916-3  A scientific, historical and cultural study, with a thesis on elm-classification, followed by a systematic survey of elms in England, region by region. Illustrated.
  • Heybroek, H. M., Goudzwaard, L, Kaljee, H. (2009). Iep of olm, karakterboom van de Lage Landen (:Elm, a tree with character of the Low Countries). KNNV, Uitgeverij. ISBN 978-90-5011-281-9. A history of elm planting in the Netherlands, concluding with a 40 - page illustrated review of all the DED - resistant cultivars in commerce in 2009.
  • Clouston, B.; Stansfield, K., ed. (1979). After the Elm. London: Heinemann. ISBN 0-434-13900-9  A general introduction, with a history of Dutch elm disease and proposals for re-landscaping in the aftermath of the pandemic. Illustrated.
  • Coleman, M., ed. (2009). Wych Elm. Edinburgh. ISBN 978-1-906129-21-7  A study of the species, with particular reference to the wych elm in Scotland and its use by craftsmen.
  • Dunn, C. P., ed. (New York). The Elms: Breeding, Conservation, and Disease-Management. ISBN 0-7923-7724-9 
  • Wilkinson, G. (1978). Epitaph for the Elm. London: Hutchinson. ISBN 0-09-921280-3  A photographic and pictorial celebration and general introduction.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]