Elfweard dari Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ælfweard
Raja Wessex (mungkin)
Memerintah (mungkin) 17 Juli 924 – 2 Agustus 924
Pendahulu Edward yang Lebih Tua
Pengganti Athelstan
Ayah Edward yang Lebih Tua
Ibu Ælfflæd
Lahir 904
?, Wessex, Inggris
Meninggal 2 Agustus 924
Oxford, Inggris
Dikubur Katedral Winchester

Ælfweard (904 – 2 Agustus 924) merupakan putra kedua Edward yang Lebih Tua, putra tertua yang lahir dari istri keduanya Ælfflæd.

Kedudukan raja dan kematian[sunting | sunting sumber]

Riwayat Anglo-Saxon dengan sederhana menjelaskan bahwa Ælfweard meninggal tak lama setelah kematian ayahnya pada tanggal 17 Juli 924 dan mereka dimakamkan bersama di Katedral Winchester. Manuskrip D dari Riwayat menjelaskan bahwa ia melampaui hidup ayahnya hanya 16 hari. Tidak ada pemerintahan yang secara eksplisit diatribusikan untuknya disini. Namun, sebuah daftar raja-raja Sachen-Barat di abad ke-12 Textus Roffensis[1] menyinggungnya sebagai pewaris ayahnya, dengan pemerintahan selama empat minggu.[2] Ia juga dijelaskan sebagai raja di New Minster Liber Vitae,[3] sumber di abad ke-11th berdasarkan bagian dari material sebelumnya.[4]Di sisi yang lain, William dari Malmesbury, mengandalkan sebuah puisi, menghubungkan bahwa putra tertua Edward (dari istri pertamanya Ecgwynn), Athelstan, mewarisi langsung dibawah kondisi wasiat Raja Alfred (yang hilang).[5] Puisi tersebut sekali waktu dianggap sebuah otoritas yang hampir kontemporer, namun Michael Lapidge menunjukkan ini berdasarkan kesalahpahaman dari referensi William kepada "buku kuno tertentu yang jelas".[6]

Konflik dokumentasi ini telah memimpin ke dalam penterjemahan alternatif, beberapa sejarawan menyimpulkan bahwa ia telah menggantikan ayahnya dalam preferensi untuk saudara tirinya Athelstan, sewaktu yang lain mempertahankan bahwa Athelstan adalah pewaris tunggal ayahnya.[5] Alternatif, pemimpin yang terbagi telah disarankan, sejak yang dinamakan Mercia register Riwayat melaporkan bahwa Athelstan menjadi raja Mercian, dan William dari Malmesbury, dianggap menyangkal pemerintahan untuk Ælfweard, melaporkan bahwa Athelstan dididik di istana Mercia bibinya Æthelflæd.[2][5][7] Dengan teori tersebut, Ælfweard akan menggantikan ayahnya di Wessex dan Athelstan di Mercia, yang terakhir hanya mendapatkan Wessex setelah kematian saudara laki-lakinya tak lama kemudian.

Jika raja Ælfweard yang mungkin tidak pernah dimahkotai wafat pada tanggal 2 Agustus 924 di Oxford. Athelstan sendiri tidak dimahkotai sebagai raja Ango-Sachen sampai dengan tanggal 4 September 925 lebih dari setahun kemudian.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Rochester, Cathedral Library, MS A.3.5, fols. 7v-8r).
  2. ^ a b Yorke, Bishop Æthelwold. p. 71.
  3. ^ f. 9v, cited by Yorke.
  4. ^ Prosopography of Anglo-Saxon England.
  5. ^ a b c Williams, "Some Notes", pp. 149-50.
  6. ^ Lapidge, "Some Latin poems as evidence for the reign of Athelstan." 50-1.
  7. ^ Walker, Mercia and the Making of England. p. 127.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Miller, Sean, "Æthelstan" in M. Lapidge et al. (eds), The Blackwell Encyclopedia of Anglo-Saxon England. Blackwell, London, 1999. ISBN 0-631-22492-0
  • Walker, Ian. Mercia and the Making of England. Sutton: Stroud, 2000. ISBN 0-7509-2131-5.
  • Lapidge, Michael. "Some Latin Poems as Evidence for the Reign of Athelstan." In Anglo-Latin Literature 900-1066, ed. M. Lapidge. London, 1993.
  • Williams, Ann, "Some Notes and Considerations on Problems Connected with the English Royal Succession, 860-1066", Proceedings of the Battle Conference, 1978, R. Allen Brown, ed., Boydell & Brewer, 1979, 144-167.
  • Yorke, Barbara. Bishop Æthelwold. His Career and Influence. Woodbridge, 1988.
  • "Ælfweard 4 (male)." Prosopography of Anglo-Saxon England. Accessed: 2009-04-08.
Didahului oleh:
Edward Tua
Raja Wessex
924
Diteruskan oleh:
Athelstan