Eleonora dari Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eleonora
Nama lengkap
Eleonora Maria Teresa di Savoia
Wangsa Istana Savoy
Ayah Charles Emmanuel III dari Sardinia
Ibu Polyxena dari Hesse-Rotenburg
Lahir 28 Februari 1728
Istana Kerajaan Turin, Italia
Meninggal 14 Agustus 1781 (umur 53)
Kastil Moncalieri, Turin
Dikubur Basilica di Superga, Turin, Italia

Eleonora dari Savoy (Eleonora Maria Teresa; lahir 28 Februari 1728 – meninggal 14 Agustus 1781 pada umur 53 tahun[1]) merupakan seorang puteri Savoyard. Ia meninggal tanpa menikah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Eleonora Maria Teresa di Savoia merupakan anak kedua dan putri sulung Charles Emmanuel III, Raja Sardinia dan istri keduanya yang berkebangsaan Jerman, Polyxena seorang Landgraviate dari Hesse-Rotenburg. Ia dilahirkan di Istana Kerajaan Turin, rumah kediaman keluarga kerajaan Savoyard.

Ia dinamakan sama dengan nenek maternalnya, Eleonore dari Löwenstein-Wertheim-Rochefort.

Sepupu maternalnya termasuk Victor Amadeus II, Pangeran Carginan dan adik perempuannya princesse de Lamballe, yang juga lahir di istana Savoy. Sepupu paternalnya termasuk Ferdinand VI dari Spanyol, yang adalah raja Spanyol pada saat ia lahir.

Ia dilahirkan kedalam sebuah keluarga yang bahagia, nenek paternalnya Anne Marie d'Orléans meninggal pada bulan Agustus 1728 ketika Eleonora berusia 6 bulan.

Ibunya meninggal pada tahun 1735 ketika Eleonora berusia 6 tahun. Kemudian ia menjadi seorang wanita yang beranking tertinggi di istana Savoyard sampai pernikahan saudaranya, Victor Amadeus III dengan Infanta Spanyol Maria Antonietta pada tahun 1750.

Eleonora, dan saudarinya Maria Luisa, dijodohkan dengan Louis, Dauphin dari Perancis, putra sulung Louis XV dari Perancis yang merupakan sepupu pertama mereka.[2] Pernikahan tersebut tidak pernah terwujud karena negosiasi pernikahan dengan Spanyol yang membuat dauphine itu menikahi Maria Teresa, kakak perempuan Maria Antonietta pada tahun 1744.

Kedua sepupunya, Maria Giuseppina dan Maria Teresa nantinya akan menikah dengan kedua putra Louis, Dauphin dari Perancis pada tahun 1771 dan 1773.

Puteri yang perawan tua itu meninggal di Kastil Moncalieri, Turin pada usia 53 tahun. Ia dimakamkan di Basilica di Superga, Turin. Kakak iparnya Maria Antonietta meninggal di Moncalieri pada tahun 1785.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Gelar-gelar[sunting | sunting sumber]

  • 28 Pebruari 1728 – 14 Agustus 1781 Yang Mulia Puteri Eleonora dari Savoy

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ van de Pas, Leo. "Princess Eleonora of Savoy". Genealogics .org. Diakses 2009-12-01. 
  2. ^ Louis XV's mother Maria Adelaide was her aunt and the oldest sister of Eleonora's father Charles Emmanuel III

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Templat:Puteri-puteri Savoy