Elena dari Gallura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Elena (wafat 1218) merupakan putri dan pewaris Barisone II dari Gallura dan dinamakan seperti ibunya yang berasal dari keluarga Lacon. Ia memerintah Gallura sejak kematian ayahnya sampai kematiannya sendiri, meskipun ia terhalang oleh suaminya setelah tahun 1207.

Ketika Barisone wafat pada tahun 1202 atau 1203, ia meninggalkan Elena dan giudicato di bawah perlindungan Paus Innocent III,[1] yang menulis sepucuk surat kepada Biagio, Uskup Agung dari Torres, memberinya jaminan atas suksesi yang lancar di Gallura, yang berarti mengatur sebuah pernikahan untuk Elena yang masih muda. Prospek interferensi dari William I dari Cagliari, Comita III dari Logudoro, dari Hugh I dan Peter I dari Arborea cukup hebat untuk membuat surat kedua kepada para pemimpin tersebut, di mana paus memberitahukan mereka untuk menghormati otoritas Biagio pada hal itu. Pada tanggal 15 September 1203, Innocent menegur William untuk menahan kerabatnya (Margrave William Malaspina) yang ingin meminang Elena dan mengeluarkannya dari Gallura. Ia diminta untuk menjaga Elena agar mendapatkan pasangan yang sesuai dan terutama menjaganya dari Ittocorre de Gunale, saudara Comita dari Logudoro. Baik William dan Comita diperingati untuk yang kedua kalinya untuk mengikuti Biagio dalam hal tersebut. Innocent menginginkan seorang suami yang tidak akan menjadi seorang "tersangka" kepada pemimpin manapun.

Pada bulan Juli 1204, Innocent menulis kepada Elena dan memujinya di dalam mematuhi nasihat kepausan dan menegur ibunya, Riccus, Uskup Agung dari Cagliari, dan penduduk Gallura mengikuti keputusan Biagio. Uskup Cività, ibu kota Gallura, dikirimkan ke Roma untuk menerima instruksi kepausan, mengenai prospek pernikahan itu. William dari Cagliari ikut campur sekali lagi untuk menyingkirkan seorang pelamar, seorang margrave tertentu yang tidak bernama.

Pada tanggal 11 Mei 1206, Elena diinformasikan bahwa ia akan menikah dengan Trasimondo, sepupu paus. Pada bulan Agustus, Innocent mengirimkan surat-surat untuk memerintahkan keuskupan Sardinia untuk melaksanakan pernikahan tersebut. Akan tetapi, Elena menolaknya dan sebaliknya menikah dengan Lamberto Visconti di Eldizio di Pisa.

Elena wafat pada sekitar tahun 1218, ketika Lambert bertunangan dengan Benedetta dari Cagliari. Putranya Ubaldo II Visconti kemudian menjadi pewaris tahta Gallura.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moore, 91. According to Innocent, Barisone left his giudicato to papal protection, probably because of Innocent's success in protecting Constance and Frederick I of Sicily.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Barisone II
Giudicessa dari Gallura
1203 – sekitar 1217
Diteruskan oleh:
Lambert