Elektroforesis kapiler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Skema elektroforesis kapiler.

Elektroforesis kapiler adalah metode elektroforesis yang digunakan untuk memisahkan asam amino, protein, lipid, karbohidrat, dan nukleotida dengan resolusi tinggi yang dilakukan pada pipa kapiler berisi buffer.[1] Metode ini mulai digunakan secara luas pada akhir tahun 1940[2] untuk aplikasi dalam berbagai bidang seperti bioteknologi, kimia, lingkungan, dan analisis farmasi.[1] Elektroforesis kapiler menggunakan listrik bertegangan tinggi yang menyebabkan semua komponen ion atau molekul netral bergerak ke katode.[2] Deteksi dapat dilakukan dengan teknik pendeteksian spektrometri atau elektrokimia.[2] Teknik pemisahan ini dipengaruhi oleh tegangan listrik, koefisien difusi, panjang, dan diameter pipa kapiler, serta konsentrasi sampel.[2] Metode ini memiliki efisiensi dan selektivitas yang baik namun boros listrik karena menggunakan tegangan tinggi dan alatnya juga mahal.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Li SFY. 1993. Capillary Electrophoresis: Principles, Practice and Applications. Elsevier. ISBN:9780444815903. Page 6.
  2. ^ a b c d (Inggris) Camilleri P. 1998. Capillary electrophoresis: theory and practice. Florida: CRC Press LLC. ISBN 084939127. Page 2.

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.