Electro-Motive Diesel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Electro Motive Diesel)
Langsung ke: navigasi, cari
Electro-Motive Diesel, Inc.
Jenis Perusahaan swasta (anak perusahaan dari Progress Rail Services Corporation)
Industri/jasa Kereta api
Pembangkit
Nasib Beroperasi
Pendahulu General Motors Electro-Motive Division
Didirikan Cleveland, Ohio, Amerika Serikat (31 Agustus 1922 (1922-08-31))
Pendiri Harold L. Hamilton
Paul Turner
Kantor pusat La Grange, Illinois[catatan 1], Amerika Serikat
Produk Lokomotif
Mesin diesel
Produsen peralatan asli
Jasa Perawatan lokomotif
Pengelolaan lokomotif
Perkeretaapian
Pemilik Caterpillar Inc.
Karyawan 3.260 (2008)
Induk Progress Rail Services Corporation
Situs web www.EMDiesels.com

Electro-Motive Diesel, Inc. (EMD), adalah perusahaan industri kereta api yang berasal dari Amerika Serikat. EMD dimiliki oleh Caterpillar melalui anak perusahaannya, Progress Rail Services Corporation. Perusahaan ini mendesain, memproduksi, dan menjual lokomotif diesel elektrik dan mesin bertenaga diesel di bawah merek Electro-Motive Diesel.[2] EMD menawarkan banyak pilihan produk lokomotif di dalam industri kereta api.[3]

Sejarah Electro-Motive Diesel berawal dari Electro-Motive Engineering Corporation yang didirikan tahun 1922. Tahun 1930, General Motors Corporation membeli Winton Engine Co. dan pelanggan utama mesin diesel Winton, Electro-Motive Corporation, lalu menggabungkan keduanya untuk membentuk General Motors Electro-Motive Division (EMD) pada tanggal 1 Januari 1941. Pada tahun 2005, GM menjual EMD kepada Greenbriar Equity Group LLC dan Berkshire Partners LLC, yang membentuk Electro-Motive Diesel, Inc., untuk memfasilitasi pembelian itu. Tanggal 2 Agustus 2010, Progress Rail Services Corporation berhasil membeli Electro-Motive Diesel, Inc. dari Greenbriar, Berkshire, dkk., untuk membentuk Electro-Motive Diesel, Inc. sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Progress Rail Services Corporation.

Kantor pusat, bengkel, dan pabrik suku cadang EMD, terletak di McCook, Illinois.[catatan 1] Pabrik perakitan terakhir EMD terletak di London, Ontario, Kanada, hingga penutupannya pada bulan Februari 2012; kemudian pabrik perakitan barunya dibuka pada akhir tahun 2011 di Muncie, Indiana. EMD mengoperasikan tempat pemeliharaan motor traksi, rehabilitasi lokomotif, dan overhaul di San Luis Potosí, Meksiko.

Sebagaimana tahun 2008, EMD mempekerjakan kurang lebih 3.260 orang.[4] Pada tahun 2010 EMD memegang 30 persen pasar lok diesel elektrik di Amerika Utara.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal pembentukan[sunting | sunting sumber]

Harold L. Hamilton dan Paul Turner mendirikan Electro-Motive Engineering Company di Cleveland, Ohio, pada tahun 1922. Pada tahun 1923 Electro-Motive Engineering Company menjual dua kereta rel bertenaga mesin bensin, satu ke Chicago Great Western dan lainnya ke Northern Pacific. Electro-Motive Engineering Company mengadakan kontrak tambahan untuk konstruksi bodinya kepada St. Louis Car Company dan mesin penggeraknya kepada Winton Engine Company. Kereta itu dipesan pada tahun 1924 dan bekerja dengan baik, dan membawa keberuntungan bagi perusahaan yang berkembang itu, karena penjualannya tergantung pada kinerja yang sangat memuaskan. Pada tahun 1925 perusahaan itu berubah menjadi Electro-Motive Company (EMC) dan memasuki produksi skala penuh, dan menjual 27 kereta rel.

Harold L. Hamilton adalah salah seorang perintis industri lokomotif dengan mesin pembakaran dalam. Memulai karier perkeretaapiannya sebagai juru api di perusahaan Southern Pacific Railroad, ia menjadi masinis lokomotif untuk angkutan penumpang dan barang. Ia akhirnya menjadi manager perusahaan Florida East Coast Railway. Ketika meninggalkan perkeretaapian untuk bekerja di posisi pemasaran otomotif di Denver, Hamilton, ia menyadari akan percobaan propulsi listrik awal, kebutuhan akan perkeretaapian, dan pemikiran barunya kepada kendaraan berat, mengenal dan mengintegrasikan idenya antara mesin pembakaran dalam yang lebih efisien dengan perkeretaapian. Dengan modal sendiri, ia keluar dari posisi penjualan truk, membuka toko di hotel dengan kawannya dan seorang desainer, dan menghasilkan produk pada tahun 1923 yang kemudian menjadi versi sukses dari propulsi kereta api diesel-elektrik.

Tahun 1930, General Motors, yang melihat kesempatan untuk mengembangkan mesin diesel, lalu membeli Winton Engine Company, dan sesudah memeriksa buku-buku milik Winton Engine Company, memutuskan untuk membeli pelanggan utamanya, Electro-Motive, dan mengganti namanya menjadi Electro-Motive Corporation (EMC).[6] Maju dari kereta apinya, EMC mulai memproduksi kereta api cepat bertenaga diesel untuk Union Pacific Railroad. Tahun 1935, GM merasa cukup nyaman untuk berinvestasi di pabriknya yang baru di 55th Street di McCook, Illinois, sebelah barat Chicago, yang menjadi kantor pusat perusahaan itu.[7][catatan 1] Hingga akhir dekade 1930-an, EMC memiliki mesin diesel yang cukup kuat dan handal untuk lokomotif.

Mesin EMD 567, yang dinamakan berdasarkan perpindahan tiap silindernya yang senilai 567 in³ (diameter 8½ inci, langkah 10 inci), adalah mesin dua tak dengan roots supercharger, uniflow-scavenged, serta unit injector dengan poros bubungan jenis overhead camshafts dan empat katup pembuangan tiap silinder. Mesin itu dibuat sebagai V-6, V-8, V-12, dan V-16. Charles F. Kettering dan General Motors Research Corporation bertanggungjawab atas pengembangan mesin itu. Teknologi tersebut pertama kali digunakan pada lokomotif penghela kereta penumpang, namun fokus EMC masih ditujukan untuk angkutan barang. Kereta penumpang menghemat biaya operasional perusahaan KA, namun penggantian mesin uap dengan unit diesel yang handal dapat membantu perusahaan KA menghemat biaya. Ini juga memberi EMC pengalaman dan kontak masa depan untuk mengejar tujuan utama: layanan kereta barang.

Perusahaan itu membuat empat unit percontohan lok barang, EMD FT, dan memulai tur KA antarbenua. Tur ini sukses. Perusahaan KA di wilayah Barat, umumnya, melihat bahwa diesel dapat membebaskan mereka dari ketergantungan terhadap kelangkaan pasokan air untuk lokomotif uap.

General Motors menggabungkan EMC dan bagian dari Winton Engine untuk membentuk Electro-Motive Division (EMD) tanggal 1 Januari 1941. Seluruh lokomotif GM yang dibuat sebelum 1941 dibuat oleh EMC. Produk Winton yang bukan lokomotif (kapal selam besar, kapal, dan mesin diesel stasioner) diteruskan di bawah nama Cleveland Diesel Engine Division selama 20 tahun.

1940-60[sunting | sunting sumber]

Burlington Northern EMD F3

Perang Dunia II (PD II) sementara waktu memperlambat produksi lokomotif EMD; mesin diesel malah diperlukan untuk kapal-kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, namun tahun 1943, produksi lokomotif memperoleh momentum kembali. Lebih banyak lokomotif diperlukan untuk menghela kereta pengangkut peralatan perang. Setelah perang berakhir, ada suatu hal yang tak terduga dan menggembirakan bagi EMD. Perusahaan ini diizinkan kembali untuk meneruskan mengembangkan dan menjual lokomotif kereta barang. Pesaingnya, terutama American Locomotive Company (ALCO) dan Baldwin Locomotive Works, diizinkan untuk pengembangan minimum dengan lokomotif diesel biasa. Mereka disuruh memproduksi sebagian lokomotif diesel pelangsir dan lokomotif uap dengan desain yang sudah ada secepat mungkin. Ini menghambat kompetisi EMD dan mereka terpukul. Pada akhir perang, produksi lokomotif EMD berada dalam ayunan penuh, dengan lokomotif penumpang baru EMD E-unit dan lokomotif barang baru yang ditingkatkan, EMD F3, berikutnya pada akhir tahun 1946. Baldwin Locomotive terpukul karena keyakinannya yang salah bahwa orang-orang ingin melakukan perjalanan dengan KA yang dihela loko uap. Untuk memenuhi permintaan pasca-perang, EMD membuka sarana produksi lokomotif lainnya pada tahun 1948 di Cleveland, Ohio.

Pada awal dekade 1950-an, mayoritas perusahaan KA Amerika memutuskan perpindahan dari lok uap ke lok diesel, dikenal sebagai dieselisasi. Ketika pabrik lain masuk ke kancah lok diesel, apakah itu perusahaan lok uap tua seperti Baldwin, ALCO, dan Lima, ataupun pesaing baru seperti Fairbanks-Morse (juga produsen kapal diesel Angkatan Laut AS selama perang), pengalaman EMD terus bermunculan. Banyak perusahaan KA memesan banyak unit dari pelbagai pabrik; untuk pertama kalinya, percobaan pembelian; namun untuk kedua kalinya, pemesanan biasanya banyak yang pergi ke EMD. Banyak dari perusahaan ini menjual lok barang F-Unit. Argumen ekonomis untuk lokomotif penumpang di atas uap sangat goyah daripada untuk layanan KA barang, namun hampir tidak berarti—layanan penumpang lebih banyak bahan untuk iklan dan mesin reklame daripada keuntungan nyata pada waktu tersebut.

EMD GP7 (kiri) dan E9A (kanan)

Pada tahun 1949, EMD membuka pabrik baru di London, Ontario, Kanada, yang dioperasikan oleh anak perusahaan GM, General Motors Diesel (GMD), memproduksi produk EMD maupun desain GMD yang berbeda untuk pasar domestik dan ekspor Kanada. Pada tahun yang sama, EMD memperkenalkan lokomotif yang baru dan revolusioner, EMD GP7. Termasuk jenis lokomotif langsir, desainnya berupa lok diesel pelangsir yang diperluas, dengan mesin diesel, generator utama, dan peralatan lain yang tertutup, namun mudah dicopot, dan hood unit. Hood-nya lebih sempit daripada lokonya. Kekuatan struktural dalam loko langsir adalah pada frame-nya, daripada bodi-nya pada loko sebelumnya. Kemudahan pemeliharaan lokomotif jenis baru ini memenanangi perkeretaapian dengan cepat. Hampir semua lok yang diproduksi di AS untuk penggunaan domestik sejak dekade 1960-an mempunyai hood unit.[8][9][10]

Kompetitor EMD tidak mampu mengimbangi. Pertama kali Lima Locomotive Works gagal, menggabung dengan Baldwin dan produsen mesin Hamilton untuk membentuk Baldwin-Lima-Hamilton, namun perusahaan yang dipimpin oleh Baldwin tidak bertahan. Fairbanks-Morse, sesudah memproduksi seri lokomotif yang inovatif yang terjual kurang baik, akhirnya meninggalkan kancah lokomotif (perusahaan itu meninggalkan bisnisnya, dalam pasar asli). Kemudian, hanya tersisa ALCO, yang dibantu dengan kekuatan industri General Electric, yang memproduksi peralatan elektrik yang digunakan pada lokomotif diesel elektrik bikinan ALCO. GE masuk pasar lokomotif pada awal 1950-an dengan pengenalan lokomotif turbin gas-elektrik. Tahun 1956 GE memasarkan lokomotif produksinya sendiri dalam seri GE Universal series sebagai lokomotif ekspor. U25B memulai jajaran produk domestik GE dalam kelas lokomotif diesel elektrik biasa. [11][12]

Mesin 567 terus dikembangkan dan ditingkatkan. Mesin enam silinder 567 yang asli menghasilkan daya sebesar 600 hp (450 kW), V-12 1.000 hp (750 kW), dan V-16 1.350 hp (1,010 kW). EMD memulai men-turbocharger-kan mesin 567 sekitar tahun 1958; versi terakhir, the 567D3A (dibuat sejak Oktober 1963 hingga Januari 1966) menghasilkan daya sebesar 2.500 hp (1,900 kW) dalam bentuk V-16.[13]


1960–1985[sunting | sunting sumber]

EMD SD40-2

Akhir tahun 1965, EMD memperkenalkan mesin EMD 645 yang diperbesar. Nilai dayanya sebesar 1.500 hp (1,100 kW) untuk V-12 tanpa turbocharger, 1.500 hp (1,100 kW) untuk V-8 dengan turbocharger, 2.300 hp (1,700 kW) untuk V-12 dengan turbocharger, 2.000 hp (1,500 kW) untuk V-16 tanpa turbocharger, dan 3.000 hp (2,200 kW) untuk V-16 dengan turbocharger. Akhir tahun 1965 EMD membuat mesin 20 silinder pertamanya, V20 dengan turbocharger berdaya 3.600 hp (2,700 kW) untuk lokomotif EMD SD45. Varian terakhir mesin 645 dengan 16 silinder (the 16-645F) berdaya 3.500 hp (2,600 kW).[13]

Tahun 1972, EMD memulai sistem kontrol modular dengan jajaran Dash-2; EMD SD40-2 menjadi salah satu dari desain lokomotif diesel paling sukses dalam sejarah. Total 3.945 unit SD40-2 telah dibuat; jika pendahulunya SD40 dimasukkan, totalnya menjadi 5.752 unit.[14][15][16]

EMD memperkenalkan mesin baru bertipe EMD 710 tahun 1984 dengan lokomotif EMD 60 Series (EMD SD60 dan EMD GP60), mesin EMD 645 diteruskan untuk ditawarkan dalam berbagai model (termasuk EMD 50 Series) hingga 1988. 710 diproduksi dengan mesin delapan, dua belas, enam belas, dan dua puluh-silinder untuk lokomotif, kapal, dan peralatan stasioner.Berbarengan dengan pengenalan 710, sistem kontrol EMD dalam lokomotif berubah menjadi mikroprosesor, antara lain pencegahan roda tergelincir yang terkontrol komputer.[17][18]

1985–2000[sunting | sunting sumber]

EMD SD70MAC

Setelah Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Serikat dan Kanada diberlakukan tahun 1989, EMD memutuskan mengkonsolidasi semua produksi lokomotif di pabrik GMD di London, Ontario, sebuah pengembangan yang mengakhiri produksi lokomotif di pabrik La Grange, Illinois pada tahun 1991,[catatan 1] walaupun sarana di Illinois dimanfaatkan untuk memproduksi mesin dan generator.[butuh rujukan] Pangsa pasar EMD di Amerika Utara turun di bawah pesaing utamanya, General Electric pada dekade 1980-an.[1][19]

Akhir dekade 1980-an dan 1990-an EMD memperkenalkan motor induksi AC pada lokomotif EMD menggunakan teknologi Siemens.[20] Pada awal dekade 1990-an, EMD memperkenalkan bogie bertipe radial steering truck, yang dapat mengurangi keausan rel dan roda. Pada dekade 1990-an, keluaran daya lokomotif bertambah menjadi 6.000 hp (4,500 kW) dari penggerak utama 265H yang berpenggerak tunggal dengan 16 silinder pada lokomotif EMD SD90MAC-H.

Pada tahun 1998, EMD memperkenalkan mesin empat tak 265H. Alih-alih menggantikan mesin seri 710, H-engine diteruskan untuk diproduksi bebarengan di samping mesin dua tak EMD, walaupun umumnya untuk diekspor. Pasca tahun 1995 mesin 710 memiliki unit injector terkontrol elektronik di tempat dan posisi yang sama seperti unit injector dahulu (1938–1995).

Pada tahun 1999, Union Pacific menempatkan pemesanan tunggal terbesar untuk lokomotif-lokomotif diesel dalam sejarah perkeretaapian Amerika Utara ketika mereka memesan 1.000 unit EMD SD70M. Armada Union Pacific SD70M sejak saat itu ditambah hingga lebih dari 450 unit tambahan. Tambahannya, Union Pacific juga memiliki kurang lebih 500 EMD SD70ACe, jumlah yang sudah dicat dengan striping peringatan "Fallen Flags". Semua lokomotif ini bermesin penggerak 710G.


2000-saat ini[sunting | sunting sumber]

EMD SD70M-2

Tahun 2004 terlihat CSX Transportation memesan lokomotif SD70ACe pertamanya, yang diklaim[siapa?] agar lebih diandalkan, hemat BBM, dan mudah dilakukan perawatan daripada pendahulunya, lokomotif AC model SD70MAC. Model ini juga memenuhi syarat emisi EPA Tier 2 menggunakan mesin diesel dua tak 710.

Tahun 2005, Norfolk Southern memesan loko baru pertamanya, SD70M-2, penerus generasi sebelumnya, lokomotif SD70M. Seperti saudaranya, SD70ACe, SD70M-2 memenuhi syarat EPA Tier 2 dan menggunakan mesin yang sama. EMD bersertifikasi manajemen mutuISO 9001:2000 dan manajemen lingkungan ISO 14001:2004.[21]

Pada bulan Juni 2004, The Wall Street Journal mempublikasikan berita yang menyatakan bahwa EMD siap untuk dijual. Pada tanggal 11 Januari 2005, Reuters mempublikasikan berita yang menyatakan penjualan terhadap "dua grup usaha swasta AS" kemungkinan akan diumumkan "minggu ini". Konfirmasi muncul pada hari berikutnya, dengan siaran pers yang dikeluarkan oleh General Motors, menyatakan setuju untuk menjual EMD kepada persekutuan yang dipimpin oleh Greenbriar Equity Group LLC dan Berkshire Partners LLC. Perusahaan yang dilepas itu disebut Electro-Motive Diesel, Incorporated, dan tetap memakai nama EMD. Penjualan ditutup pada tanggal 4 April 2005.[22]

Tanggal 1 Juni 2010, Caterpillar Inc. mengumumkan bahwa perusahaan itu setuju untuk membeli Electro-Motive Diesel, Inc. dari Greenbriar, Berkshire et al. seharga $820 juta USD. Anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Caterpillar, Progress Rail Services Corporation, berhasil menyelesaikan transaksi pada tanggal 2 Agustus 2010, membentuk Electro-Motive Diesel, Inc. sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Progress Rail Services.[3] Walapun Caterpillar mengumumkan bahwa John S. Hamilton akan melanjutkan tugasnya sebagai presiden dan CEO perusahaan EMD setelah penutupan transaksi, Mr. Hamilton meninggalkan EMD dengan alasan tidak ditentukan di akhir Agustus 2010.[23]

Pabrik dan perakitan[sunting | sunting sumber]

Saat ini EMD mengelola pabriknya di McCook, Illinois,[catatan 1] dan Muncie, Indiana, Amerika Serikat, Sete Lagoas, Brazil dan San Luis Potosí, Meksiko. Perusahaan itu mengoperasikan sarana pabriknya di London, Ontario, Kanada hingga penutupannya pada tahun 2012.

EMD La Grange (McCook)[sunting | sunting sumber]

Gambar pada kartu pos yang menggambarkan sarana itu sekitar akhir 1930-an.
(Pojok kiri atas ada kereta api Denver Zephyr)

Sejak peletakan batu pertamanya pada tahun 1935, sarana di La Grange telah menjadi kantor pusat EMD. Dalam hal kantor administrasi perusahaan itu, La Grange menempatkan teknik desain, uji emisi, rehab lokomotif, dan produksi komponen utama, termasuk mesin penggerak utama, alternator traksi, lemari listrik, dan turbocharger. Sarana di La Grange terdiri atas tiga bangunan utama, dengan kantor dan ruang produksi seluas 1.200.000 ft² (110,000 ). Bangunan tambahan digunakan untuk menyediakan perawatan dan pengujian kapabilitas. EMD La Grange bersertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2008 dan manajemen lingkungan ISO 14001.

EMD London[sunting | sunting sumber]

Pabrik EMD London dibuka tahun 1950 sebagai bagian dari General Motors Diesel Division (GMDD) untuk memproduksi lokomotif. Sarana ini pada masanya digunakan untuk memproduksi beragam produk dalam keluarga General Motors, termasuk bus transit, dan kendaraan militer.[24] Berada di lahan seluas 100-acre (0.40 km2), sarana EMD London terdiri atas dua bangunan utama dan banyak bangunan tambahan berupa kantor dan ruang produksi seluas 500.000 ft² (46,000 ), dan juga sebuah jalur tes lokomotif. London dulu adalah tempat pertama untuk pabrik perakitan, pengecatan, dan pengujian lokomotif EMD. Sarana itu juga memproduksi komponen, yaitu frame bawah lokomotif, motor traksi, pasang bogie, dan rak peralatan lokomotif. EMD London bersertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2000 dan manajemen lingkungan ISO 14001.

Lokasi EMD London di Kanada berguna bagi General Motors ketika mencoba memperoleh kontrak Pemerintah Federal Kanada.[24]

Pada bulan Januari 2012, 450 pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja Canadian Auto Workers telah dilarang bekerja di sarana itu di London, setelah menolak meratifikasi kontrak baru yang diusulkan EMD yang termasuk pemotongan gaji sebesar 50% untuk beberapa pekerja - biaya tenaga kerja di pabrik Kanada jauh lebih besar daripada di beberapa pabrik milik perusahaan AS. Pada bulan Februari 2012 Progress Rail mengumumkan penutupan pabrik itu; aksi Caterpillar itu dikritik Kanada; perusahaan itu menyatakan bahwa perusahaan itu akan memindahkan produksi ke tempat lain di Amerika Utara, termasuk pabrik di Muncie yang tidak tergabung dalam serikat pekerja.[25][26][27][28] Pada saat penutupan pabrik itu mempekerjakan secara langsung 775 orang.[29]

EMD San Luis Potosí[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 April 2010, Electro-Motive membuka sarana di San Luis Potosí, Meksiko untuk pemeliharaan, rehab, dan overhaul motor traksi dan peralatan listrik yang lain.[30]

EMD Muncie[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2010, Caterpillar Inc. mengumumkan perusahaan itu menginvestasikan US$50 juta untuk memperoleh dan merenovasi bangunan yang sama seluas 740,000-ft² (68.7.482 ) untuk pabrik perakitan lokomotif bermerek EMD dan untuk membangun jalur tes pada lahan seluas 75-acre (0.30 km2) di Muncie, Indiana. Sarana Muncie memungkinkan EMD untuk memasok lokomotif ke badan/perusahaan KA publik yang membutuhkan peralatan perkeretaapiannya untuk dirakit di Amerika Serikat. [31][32]

Pada tanggal 25 Juli 2011, telah diumumkan bahwa produksi di sarana tersebut direncanakan untuk dimulai pada akhir tahun, dengan 125 pekerja sewa direncanakan untuk ditambah.[33] Tanggal 28 Oktober, pabrik itu secara resmi dibuka,[34] dan lokomotif pertama yang diproduksi, Ferromex SD70ACe 4092, sudah roll out.[35]

Pengontrak tambahan dan lisensi[sunting | sunting sumber]

Victorian Railways S class (EMD A7) dibuat oleh penerima lisensi EMD, Clyde Engineering

Perusahaan itu juga melayani kontrak tambahan dan lisensi, baik pada seluruh lokomotif, maupun kereta diesel dan listrik (generator plus motor traksi dan sistem kontrol elektronik)

Pada penerima lisensi Eropa termasuk Henschel (Jerman), lokomotif yang diproduksi dekade 1950-an-1980-an untuk diekspor ke negara-negara Afrika, Asia Selatan, dan Skandinavia serta Austria;[36][37] NOHAB (Swedia), 1950-an-1970-an,[36][38] dan sesudah penutupan NOHAB oleh Kalmar Verkstad (KVAB) (Swedia), pada dekade 1980-an.[38] Ketika KVAB dan pabrik Henschel diakusisi oleh ABB Group in 1990, produk berlisensi EMD berakhir.[38]

Di Belgia, lokomotif bermesin EMD diproduksi oleh Société Anglo-Franco-Belge, dan kemudian oleh La Brugeoise et Nivelles pada dekade 1950-an dan 1960-an.[39][40]

Di Spanyol, MACOSA dan penerusnya merakit dan memproduksi lokomotif EMD termasuk desain ekspor standar EMD serta variannya untuk pasar domestik,[41] sebagaimana tahun 2011 mesin diesel EMD masih diproduksi di Spanyol sebagai seri Vossloh Euro.

Ðuro Ðakovic di Kroasia (Yugoslavia) juga memegang lisensi dari EMD dan memproduksi lokomotif untuk Yugoslav Railways.[42]

Pada tahun 2000 EMD memproduksi dengan kolaborator sekitar 300 lokomotif menggunakan teknologi EMD di Skandinavia, 500 di Eropa Barat, dan 400 di Eropa Timur.[43] Kurang lebih 75% lokomotif EMD Eropa yang dijual tahun 2000 memiliki lisensi produksi di Eropa.[43] Perusahaan itu juga memasuki kolaborasi (awal 2000-an) denganLyudinovsky Locomotive Plant (Rusia) (Людиновский тепловозостроительный завод), (sekarang bagian dari Sinara Group) membuat lokomotif diesel ТЭРА1 dengan bodi tunggal delapan gandar 3MW (Bo'Bo')'(Bo'Bo')', bertenaga mesin EMD 710 dengan enam belas silinder.[43][44] Pada awal dekade 2010-an perusahaan itu memulai kolaborasi dengan perusahaan KA Kroasia TŽV Gredelj.[45]

Lokomotif EMD juga dirakit di General Motors Industria Argentina, General Motors South African (Pty) Ltd, dan di bawah lisensi Delta Motor Corporation (Afrika Selatan), Equipamentos Villares S.A. (Brasil), dan Hyundai (Korea).[46] Bombardier Transportation juga berperan sebagai pengontrak tambahan, memproduksi unit pada pabriknya di Sahagun, Meksiko sejak 1998; dengan di atas 1.000 lokomotif selesai tahun 2007. Persetujuan produksi diteruskan di bawah kepemilikian Progress Rail.[47]

Di Australia Clyde Engineering menggunakan komponen EMD pada lokomotif buatan lokal yang dimulai dekade 1950-an,[48] perusahaan itu diteruskan oleh Downer Rail.[49]

Di India, Diesel Locomotive Works (DLW) memproduksi desain EMD sejak akhir dekade 1990-an.[50] Pada tahun 2010 EMD mengumumkan niatnya untuk mendirikan sarana pabriknya di India, mungkin di Bihar melalui proyek kemitraan pemerintah swasta dengan Pemerintah Negara, atau di Uttar Pradesh.[51] Sebagaimana tahun 2011, pengembangan kooperatif EMD bekerjasama dengan Indian Railways berjalan.[52]

Di Tiongkok, CNR Dalian Locomotive and Rolling Stock Company memproduksi unit lokomotif yang didesain EMD, China Railways HXN3 (JT56ACe) sejak 2008.[53]

Pada tahun 2012 EMD membentuk patungan dengan Barloworld, Electro-Motive Diesel Africa (Proprietary) Limited, untuk memasok lokomotif dan produk terkait KA ke pasar Afrika Sub-Sahara.[54] Pada bulan September 2012, EMD juga menandatangani kesepakatan dengan Bombardier Transportation; Pabrik Bombardier di Savli, India, merakit produk EMD untuk pelanggan di Asia.[55]

Pemeliharaan dan sarana pendukung[sunting | sunting sumber]

EMD juga menyediakan jasa pemeliharaan, dukungan teknis, inventarisasi suku cadang, dan layanan penjualan dan pemasaran dari berbagai lokasi yang menyebar di AS, Kanada, Meksiko, Britania Raya, China, India, Pakistan, Australia, Jerman, Swiss, Brasil, Mesir, dan Afrika Selatan.

Mesin[sunting | sunting sumber]

EMD pernah memproduksi mesin-mesin berikut:

  • EMD 567 — sudah tidak lagi diproduksi; mesin 567AC, 567BC, 567C, 567D dan "567E" sudah diretrofitkan dengan power assembly 645 dan komponen utama lainnya, terutama untuk program yang disebut "life-extension"; mesin 567E sebenarnya blok 645E yang aslinya diproduksi dengan mesin power assembly 567
  • EMD 645 — "E- dan F-Engines"; masih diproduksi dengan permintaan; kebanyakan perakitan utama 645 tetap diproduksi untuk kegunaan penggantian
  • EMD 710 — "G-Engine"; masih diproduksi; unit injector pada mesin pra-1995, unit injector terkontrol elektronik pada mesin pasca-1995
  • EMD 265 — "H-Engine"; masih diproduksi, namun sangat sedikit pemesanan domestik dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak lokomotif bermesin 265 di Amerika Utara yang sama telah dihilangkan dari pelayanan (KA) dan diafkirkan sesudah menghilangkan semua subsistem yang dapat dipakai kembali serta komponen, kemungkinan juga dijual ke luar negeri

Markah laporan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini markah laporan untuk kereta api:

Sistem penomoran lokomotif EMD[sunting | sunting sumber]

Untuk lokomotif-lokomotif seri ekspornya—termasuk untuk pasar Indonesia—EMD membuat klasifikasi yang sistematis dengan menggunakan rangkaian kode huruf dan angka yang memiliki makna tertentu. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Huruf pertama menunjukkan:
    • A = desain cab unit - desain kabin masinis dan ruang mesin menyatu dengan lebar yang sama (contoh: EMD A16C)
    • G = desain standar roadswitcher - desain kabin masinis, ruang mesin (long hood), dan hidung depan (short hood) memiliki lebar berbeda, dengan kabin menjadi bagian terlebar serta berjenis spartan cab (contoh: EMD G8)
    • J = desain double-ended cab - memiliki dua kabin pada masing-masing ujung lokomotif (contoh: EMD J12)
  • Huruf kedua menunjukkan:
    • A = komponen elektromekanis berada di bawah rangka dengan motor traksi memiliki dudukan pada badan lokomotif, tidak seperti umumnya lokomotif diesel elektrik yang memiliki komponen elektromekanis dan motor traksi langsung terpasang pada bogie. Transmisi daya pada lokomotif dengan kode "A" ini menggunakan propeller/cardan shaft yang menghubungkan motor traksi dengan gandar (contoh: EMD GA8). Pengecualian jika kode "A" ini digunakan pada model cab unit, maka menunjukkan adanya kabin kedua (contoh: EMD AA12).
    • L = rangka berbobot ringan (contoh: EMD GL8, GL22CU)
    • M = modifikasi khusus (contoh: EMD GM6)
    • R = kode seri lama yang sudah tidak berlaku lagi untuk desain roadswitcher tugas berat dengan 6 gandar (contoh: EMD GR12)
    • T = mesin dilengkapi turbocharger (contoh: EMD GT16)
  • Angka menunjukkan mesin yang digunakan. EMD menetapkan pemberian kode seri mesin dan jumlah silinder untuk lokomotif-lokomotif seri ekspornya secara sistematis. Penjelasannya adalah sebagai berikut.
    • EMD Seri 567A, 567B, 567C, dan 567D: Angka di belakang satu atau dua huruf kode desain lokomotif langsung menunjukkan jumlah silinder.
      1. 6 = 6 silinder
      2. 8 = 8 silinder
      3. 12 = 12 silinder
      4. 16 = 16 silinder
    • EMD Seri 645E: Tambahkan 10 angka dari kode untuk Seri 567. Pada Seri 645E mulai diperkenalkan versi 20 silinder.
      1. 18 = 8 silinder
      2. 22 = 12 silinder
      3. 26 = 16 silinder
      4. 30 = 20 silinder
      5. Pengecualian hanya pada Seri 645E versi 6 silinder di mana angka kode yang dipakai tetap 6, tidak menjadi 16 karena sudah digunakan oleh Seri 567.
    • EMD Seri 645F: Tambahkan 20 angka dari kode untuk Seri 567. Seri 645F hanya dibuat dalam versi 12 dan 16 silinder.
      1. 32 = 12 silinder
      2. 36 = 16 silinder
    • EMD Seri 710G: Tambahkan 30 angka dari kode untuk Seri 567. Seri 710G dibuat dalam versi 8 silinder sampai 20 silinder.
      1. 38 = 8 silinder
      2. 42 = 12 silinder
      3. 46 = 16 silinder
      4. 50 = 20 silinder
    • EMD Seri 265H: Tambahkan 40 angka dari kode untuk Seri 567. Seri 265H hanya dibuat dalam versi 12 dan 16 silinder.
      1. 52 = 12 silinder
      2. 56 = 16 silinder
  • Huruf/angka setelah angka menunjukkan:
    • L = rangka berbobot ringan untuk lokomotif dengan mesin yang dilengkapi turbocharger (contoh: EMD GT22LC-2)
    • C = 3 gandar per bogie, semua gandar merupakan gandar penggerak (Co-Co). Kode ini tidak digunakan pada lokomotif seri ekspor tahun-tahun awal
    • A atau 6 = 3 gandar per bogie dengan 2 motor traksi (A1A-A1A) (contoh: EMD G12A, GL8U6)
    • Tidak ada kode huruf setelah angka untuk model 2 gandar penggerak per bogie (Bo-Bo)
    • M = rangka berbobot ringan untuk lokomotif lebar sepur sempit (contoh: EMD G26MC-2U)
    • U = universal; memakai jenis motor traksi untuk lebar sepur sempit (contoh: EMD GT22CU)
    • W = wide; memakai jenis motor traksi untuk lebar sepur standar dan lebar (contoh: EMD GT26CW)
    • -2 = Dash 2; memakai komponen dan peranti elektronik desain Dash-2 pada lokomotif yang menggunakan mesin tipe 645E (contoh: EMD G26MC-2U)
    • AC = memakai motor traksi arus bolak-balik (AC) (contoh: EMD GT38ACe)
    • e = memenuhi persyaratan tingkat emisi EPA Tier-2 (contoh: EMD GT38ACe)
    • -MP = sistem elektronik dilengkapi mikroprosesor (contoh: EMD GT36CU-MP)
    • H = dilengkapi head end power, yaitu generator set tambahan untuk memasok daya listrik ke gerbong-gerbong penumpang (contoh: EMD GT26HCW-2)

EMD di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Lokomotif CC205.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) juga memiliki armada lokomotif EMD. Sejak tahun 1957 hingga saat ini, BUMN ini pernah atau sedang mengoperasikan berbagai lokomotif buatan EMD, yaitu BB200 (EMD G8), BB201 (EMD G12), BB202 (EMD G18). Kemudian pada tahun 1986, CC202 (EMD G26MC-2U, buatan GM Electro Motive Division, London, Ontario) mulai dioperasikan hingga diimpor terakhir tahun 2008. CC205 (EMD GT38ACe) mulai dinas sejak tahun 2011 dan menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Paul D. Schneider (May 1, 2006), "Who built the diesels", trn.trains.com 
  2. ^ "EMD - Company - Company Overview - About Electro-Motive Diesel". www.emdiesel.com. Electro-Motive Diesel, Inc. 2010. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-09-20. 
  3. ^ a b Caterpillar Inc (2010-08-02). Progress Rail Services Finalizes Electro-Motive Diesel Acquisition (PDF). Siaran pers.
  4. ^ "Company profile from Hoover's - Electro-Motive Diesel, Inc.". www.hoovers.com. Hoovers, Inc. 2010. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-03-10. "2008 Employees 3,260" 
  5. ^ Tita, Bob (2010-06-04). "Caterpillar expected to make Electro-Motive more competitive". www.ble-t.org. Dow Jones & Company, Inc. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-10-29. "Hamilton said Electro-Motive has about 30% of the North American market..." 
  6. ^ Solomon, Brian (2006). In Pernu, Dennis; Noel, Leah. EMD Locomotives. United States of America: Voyageur Press. hlm. 15–18. ISBN 978-0-7603-2396-0. 
  7. ^ Wesby, Vernon (1976). History and Progress of the Village of McCook. McCook, IL: Village of McCook. hlm. 88–90. 
  8. ^ Pinkpank, Jerry A (1973). The Second Diesel Spotter’s Guide. Kalmbach Books. hlm. 53–56. LCCN 66-22894. 
  9. ^ Johnston, Howard; Harris, Ken (2005). Jane’s Train Recognition Guide. HarperCollins Publishing. hlm. 416–417. ISBN 978-0-06-081895-1. 
  10. ^ Ross, David, ed. (2003). The Encyclopedia of Trains and Locomotives. hlm. 280. ISBN 978-0-7607-9679-5. 
  11. ^ Pinkpank (1973).
  12. ^ Ross (2003).
  13. ^ a b Pinkpank (1973).
  14. ^ Pinkpank (1973).
  15. ^ Pinkepank, Jerry A.; Marre, Louis A. (1979). Diesel Spotters Guide Update. Kalmbach Books. hlm. 51–52, 54–57. ISBN 0-89024-029-9. 
  16. ^ Johnston (2003).
  17. ^ Johnston (2003).
  18. ^ Ross (2003).
  19. ^ David Lustig (1 July 2006), "US loco market still a two-horse race", www.railwaygazette.com 
  20. ^ Sources:
  21. ^ EMD:ISO Certifications
  22. ^ "Greenbriar Equity Group and Berkshire Partners Complete Acquisition of Electro-Motive from General Motors -- John Hamilton Named President and CEO --". www.emdiesels.com. Electro-Motive Diesel, Inc. 2005-04-05. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-03-10. "Greenbriar Equity Group LLC, Berkshire Partners LLC and certain related parties today announced the completion of the acquisition of Electro-Motive Division from General Motors." 
  23. ^ "BREAKING: Electro-Motive President John Hamilton resigns". Trains magazine. Kalmbach Publishing Co. 2010-08-27. 
  24. ^ a b Neville Britto (24 February 2012), "Canadians gearing up to derail CAT, literally!", logospathosethos.com 
  25. ^ Austen, Ian (2012-01-02), "Caterpillar Locks Out Workers in Canada", The New York Times 
  26. ^ "Progress Rail closes EMD plant in London", www.railwaygazette.com (Railway Gazette International), 3 February 2012 
  27. ^ Sian Griffiths (15 February 2012), "Caterpillar feels force of Canada's anger as it closes country's last train plant", www.guardian.co.uk 
  28. ^ James R. Hagerty; Alistair MacDonald (18 March 2012), "As Unions Lose Their Grip, Indiana Lures Manufacturing Jobs", online.wsj.com 
  29. ^ Shruti Date Singh (6 February 2012), "Caterpillar to Close Canadian Locomotive Plant Due to Costs", www.businessweek.com 
  30. ^ Electro-Motive Diesel, Inc. (201-04-14). EMD Launches New Traction Motor MRO Facility. Siaran pers.  "Electro-Motive Diesel, Inc. today held a ribbon cutting ceremony at its new traction motor maintenance, rebuild, and overhaul (MRO) facility in San Luis Potosí Mexico."
  31. ^ James B. Kelleher (29 October 2010), "UPDATE 3-Caterpillar unit to build rail locomotives in US", www.reuters.com (Thomson Reuters) 
  32. ^ Tita, Bob (2010-10-29). "CORRECT: UPDATE: Caterpillar To Build Locomotives in Muncie, Ind.". The Wall Street Journal. Dow Jones & Company, Inc. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2010-10-29. "Caterpillar Inc. (CAT) said Friday it will open a railroad locomotive assembly plant in Muncie, Ind.,..." 
  33. ^ "Progress Rail Services plans to begin locomotive, production at Muncie, Ind., this fall". Trains Magazine. July 25, 2011. 
  34. ^ "Progress Rail Announces Grand Opening of Muncie, Indiana Locomotive Assembly Operation", www.prnewswire.com (Progress Rail Services), 28 October 2011 
  35. ^ "EMD rolls out its first U.S.-made diesel in almost 20 years". Trains Magazine. 28 October 2011. 
  36. ^ a b "Worldwide Historic Overview : The origins – North America's E and F units", www.nohab-gm.hu (NOHAB-GM Foundation) 
  37. ^ Larry Russell, "EMD Export Page", Henschel
  38. ^ a b c Larry Russell, "EMD Export Page", NOHAB
  39. ^ Lolke Bijlsma, "GM Locomotives in Europe", Belgium
  40. ^ Larry Russell, "EMD Export Page", SAFB (Societe Anglo Franco Belge), and, BN Constructions Ferroviaires et Metalliques S.A.
  41. ^ "Devis y Macosa, las constructoras valencianas de material ferroviario", www.vialibre-ffe.com (dalam bahasa Spanish) , from VÍA LIBRE, Nº 431, May 2000
  42. ^ Brian Solomon (2006), EMD Locomotives, Voyageur Press, hlm. 118 
  43. ^ a b c Sources:
  44. ^ "????-1", www.tdltz.ru (dalam bahasa Russian) (ТД Людиновотепловоз) 
  45. ^ Gredelj signes export deals amounting to 34 million kunas, TŽV Gredelj, 20 February 2012, "For the company Electro-Motive Diesel – EMD .. TŽV Gredelj will construct 88 bogie frames for locomotives ... this deal is the first concrete result of the recently signed agreement on joint development and promotion with the aforementioned American company, and TŽV Gredelj hopes that the collaboration with EMD will also be successful in the future" 
  46. ^ Larry Russell, "EMD Export Page", GMIC, GMSA, Hyundai, Villares
  47. ^ Sources:
  48. ^ "Diesel Traction (Chapter 7, page 473)". Technology in Australia 1788–1988. www.austehc.unimelb.edu.au. Diakses 2009-09-06. 
  49. ^ Larry Russell, "EMD Export Page", EDI
  50. ^ "DLW Official Website : Current products : Locomotives : EMD", www.dlw.indianrailways.gov.in, diakses 5 February 2012 
  51. ^ Sources:
  52. ^ Jagdish-Kumar (13 October 2011), "EMD & Indian Railways to develop high-power locomotive", www.rail.co 
  53. ^ "和谐"型大功率交流传动内燃机车下线", news.xinhuanet.com (dalam bahasa Cina), 2 July 2008 
  54. ^ Sources:
  55. ^ "Bombardier to assemble EMD locomotives for southeast Asia - Railway Gazette". Railway Gazette International. 19 September 2012. 

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Pabrik dan kantor pusat EMD umumnya merujuk kepada "La Grange, Illinois" sebenarnya berada di pinggir kota Chicago McCook, Illinois, namun menggunakan alamat pos La Grange.[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]