Eleazar Avaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Eleazar Makabe)
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi pada naskah Speculum Humanae Salvationis.

Eleazar Avaran, juga dikenal sebagai Eleazar Makabi, Eleazar Hachorani/Choran(atau Horani) (lahir. ???SM - meninggal. 162 SM; bahasa Ibrani: אלעזר המכבי, אלעזר החורני, Eleazar HaMakabi) adalah putra keempat Mattathias dan saudara termuda Yudas Makabi. Dia terbunuh dalam Pertempuran Beth-Zakaria pada Pemberontakan Makabim.[1]

Sangat sedikit yang diketahui mengenai dirinya, selain kisah kematiannya yang heroik. Menurut gulungan Antikhos, ayahnya menganggapnya sebagai seorang Zelot di antara para zelot, seperti halnya Pinhas. Dalam buku 2 Makkabi diceritakan bahwa Eleazar membaca tanakh di hadapan orang-orang sebelum pergi ke pertempuran terakhirnya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan 1 Makkabi, dalam Pertempuran Beth-Zakaria, Eleazar berusaha menyerang seekor gajah perang yang menurutnya mengangkut raja Seleukid Antiokhos V. Eleazar berpikir seperti itu karena gajah tersebut memakai baju perang yang yang berb3da dari gajah-gajah lainnya. Eleazar mendekati gajah tersebut dan menusuk bagian bawah perutnya dengan tombak. Gajah tersebut mati dan tubunnya ambruk menindih Eleazar sampai mati.[2] Meskipun telah melakukan tindakan yang heroik, pasukan Yahudi, yang lebih kecil, tetap dikalahkan. Josephus menulis bahwa Eleazar, walaupun membunuh banyak musuh, tidak memberikan banyak perngaruh selain namanya yang menjadi terkenal. Versi lainnya mengenai cerita ini muncul dalam gulungan Antiokhos, yang menceritakan bahwa Eleazar diinjak oleh serombongan gajah.

Avaran[sunting | sunting sumber]

Ukiran oleh Bernard Picart.

Semua anggota keluarga Mattathias punya nama selain selain nama lahir mereka,[3] misalnya Yudas Makkabi punya nama 'ha'Makabi', bermakna 'palu'. Eleazar sendiri punya nama 'Avaran', yang bermakna 'penusuk' (berdasarkan caranya mati) atau 'memutih' (berdasarkan warna kulitnya).[4]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Kematian Eleazar merupakan subjek seni yang populer pada Abad Pertengahan, dan itu diberikan makna tipologis sebagai pertanda pengorbanan Kristus diri bagi umat manusia.[5] Para seniman juga banyak yang menggambarkan gajahnya, meskipun sebagian besar justru tidak pernah melihat hewan gajah. Hasilnya kadang menjadi aneh.

Pemukiman Israel Elazar di Gush Etzion, dekat loksai Pertempuran Beth-Zakaria, dinamai dari namanya. Selain itu ada jalan di Yerusalem dan Tel Aviv yang dinamai dari namanya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1 Makkabi. 6:43-46
  2. ^ Scullard, H.H The Elephant in the Greek and Roman World Thames and Hudson. 1974 hlm 186
  3. ^ 1 Makkabi 2
  4. ^ http://net.bible.org/dictionary.php?word=avaran
  5. ^ Speculum & commentary.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]