Elazar, Gush Etzion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Elazar
Ibrani אֶלְעָזָר
(Translit.) El'azar
Arti nama Dinamai untuk Eleazar, putra Horan
Didirikan 1975
Didirikan oleh Imigran dari Amerika Utara
Dewan Gush Etzion
Wilayah Tepi Barat
Distrik Wilayah Judea dan Samaria
Koordinat 31°39′36,14″LU 35°8′31,25″BT / 31,65°LU 35,13333°BT / 31.65000; 35.13333Koordinat: 31°39′36,14″LU 35°8′31,25″BT / 31,65°LU 35,13333°BT / 31.65000; 35.13333
Jumlah penduduk 350
Elazar is located in Tepi Barat
Elazar

Elazar (Ibrani: אֶלְעָזָר) adalah sebuah desa di wilayah Gush Etzion di Bukit Yudea di Tepi Barat, 18 kilometer di selatan Yerusalem. Sebuah komunitas religius yang kadang dikenal sebagai pemukiman komunal, jumlah penduduknya sekitar 350 keluarga.

Elazar didirikan tahun 1975 sebagai sebuah moshav, sebuah komunitas semi-sosialis (sejenis kibbutz) oleh sekelompok 10 keluarga perintis dari akademisi Yahudi yang beremigrasi dari Amerika Utara.

Komunitas ini dibangun di sebuah tanah yang ditinggalkan yang dipenuhi batu besar. Komunitas Elazar memiliki sejarah 2.100 tahun, dinamai untuk Maccabi Eleazar putra Horan, saudara lelaki dari pemimpin Maccabean, Judas Maccabeus yang tewas dalam Pertempuran Beth-zechariah tahun 162 SM dekat dengan lokasi komunitas ini.

Elazar berbeda karena merupakan usaha pertama menciptakan komunitas semi-sosialis berdasarkan industri teknologi tinggi daripada pertanian. Industri awal di Elazar adalah pusat pemrosesan data yang canggih, industri kimia yang mengekstrak pewarna makanan merah alami dari kulit anggur (setelah pewarna kimia ditarik dari pasaran ketika industri makanan membutuhkan pengganti yang aman untuk pewarna makanan berbasis batubara-tar). Pabrik kimia di Elazar memiliki cabang yang memetilisasikan hesperidin yang sekarang diakui sebagai sebuah bio-flavonoid anti radang terpenting. Laboratorium di Elazar mempunyai layanan yang melakukan uji coba analisis terhadap zat pertanian seperti makanan, pupuk, tanah dan limbah yang diproses untuk para petani di seluruh Israel. Elazar memiliki sebuah pabrik elektronik yang menemukan, mempatenkan dan memasarkan pemanggil telepon pertama di dunia. Di masa-masa itu pernah ada sebuah restoran yang melayani banyak bus turis yang berhenti di sana setelah mengunjungi Bethlehem dan dalam perjalanan menuju Hebron. Juga ada pabrik yang memproduksi dan menjual kerajinan tangan seperti pola karya jarum dekoratif dan sebuah toko cinderamata yang melayani turis.

Di masa itu, Elazar memasukkan pertanian ke dalam kerangka kerja komunitas sehingga peternakan unggas dibangun dan kebun buah ditanam. Elazar terletak di Dataran Tinggi Yudea, pegunungan tengah Israel, dan berada di ketinggian 925 meter. Daerah ini memiliki iklim sedang yang sejuk dengan musim panas kering (siang) dan dingin (malam) dan musim dingin sejuk dengan suhu yang tidak selalu di bawah nol derajat. Daratan Gush Etzion tidak rata dan berbukit sehingga kebun buah ditanam di teras kuno yang dibajak selama 2.000 tahun sejak Periode Kuil Kedua. Ladang kebun buah meliputi ceri manis, ceri asam, nektar, persik, prem, walnut dan pistachio. Penduduk awal Elazar menguji coba buah semak (raspberry, blackberry dan boysenberry) juga asparagus untuk menentukan potensi komersial di Gush Etzion. Percobaan ini juga dilakukan pertama kali pada anggur Eropa. Hasilnya mengejutkan dan kebun buah perlahan-lahan digantikan oleh ladang anggur. Ladang anggur Gush Etzion menghasilkan minuman anggur berkualitas tinggi yang diekspor ke AS.

Kerangka kerja moshav dihapus tahun 1987 dan digantikan oleh pemukiman komunal. Setelah perubahan dalam struktur jauh dari kerangka kerja semi-sosialis dilakukan, Elazar semakin menarik penduduk non-imigran dan hari ini mayoritas penduduk Elazar adalah warga Israel asli.

Pertanian dan aktivitas industri memberikan pekerjaan di komunitas ini, tapi kebanyakan penduduk bekerja di Yerusalem.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]