Ekspedisi Lewis dan Clark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lewis and Clark

Ekspedisi Meriwether Lewis dan William Clark (1804-1806), dikepalai oleh Meriwether Lewis dan William Clark, adalah ekspedisi Amerika Serikat pertama ke pesisir Samudra Pasifik. Ahli sejarah dan geografi menilai bahwa ekspedisi ini adalah ekspedisi darat di Amerika Utara yang paling berhasil dalam sejarah Amerika Serikat. Secara resmi ekspedisi ini bernama Korps Sukarelawan untuk Penemuan Barat Laut, didanai oleh Kementerian Perang, dan disetujui oleh presiden dan kongres.

Ekspedisi ini meninggalkan Lembah Sungai Mississippi pada musim semi 1804, kemudian menyusuri Sungai Missouri hingga Pembagi Benua Amerika, kemudian ke selatan melewati Sungai Snake dan Sungai Columbia di bagian barat Samudra Pasifik, dan kembali ke timur melalui Columbia, Yellowstone, dan Sungai Missiouri hingga St. Louis pada September 1806. Anggota ekspedisi bepergian lebih dari 8000 mil di darat dan perairan dengan perahu, menunggang kuda atau berjalan kaki selama 28 bulan. Hanya satu anggota ekspedisi yang meninggal dunia karena sakit. Selama ekspedisi mereka bertemu ratusan Penduduk Asli Amerika dari beragam suku di sepanjang rute eksplorasi; sebagian besar dalam kondisi damai, meski kadang juga berkonflik.[1] Dengan diadakan ekspedisi ini, Amerika mendapat pengetahuan geografi mengenai benua Amerika bagian Barat, serta dapat mengamati 178 tanaman dan 122 spesies dan subspesies hewan yang belum pernah diketahui pada masa itu.

Warisan utama dari ekspedisi ini adalah catatan perjalanan yang ditulis dalam jurnal oleh kedua kapten dan lima orang anggota korps. Sebagian besar peta dihasilkan oleh William Clark yang menggambarkan peta topografi detail pertama yang merepresentasikan lanskap Oregon. Ekspedisi ini juga menjadi basis klaim Amerika Serikat atas wilayah Pasifik utara di bagian barat Pembagi Benua, sebuah klaim yang digunakan negara dalam bernegosiasi terkait hegemoni di Pasifik Barat Laut pada pertengahan abad ke-19.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lang, William L. "Lewis and Clark Expedition". Oregon Encyclopedia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]