Egilsstaðir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Egilsstaðir
Pemandangan Egilsstaðir

Egilsstaðir ialah sebuah kota di bantaran Sungai Lagarfljót, Islandia timur. Pada tahun 2007, kota ini berpenduduk 2300 jiwa.

Egilsstaðir terletak di 65°17′LU 14°23′BT / 65,283°LU 14,383°BB / 65.283; -14.383. Kota ini terhitung muda, malahan menurut standar Islandia di mana urbanisasi menjadi tren yang agak baru dibandingkan dengan Eropa Daratan. Didirikan pada tahun 1947 sebagai usaha oleh distrik-distrik pedesaan di sekitarnya yang merasa perlunya pusat layanan di kawasan itu. Dengan sengaja mereka memilih sebuah titik di tanah pertanian Egilsstaðir (yang memberi nama kota ini) dekat jembatan di atas Lagarfljot karena di titik inilah semua jalanan utama kawasan ini bertemu, Route 1 dan juga rute utama ke Austurland.

Sekarang, Egilsstaðir berkembang menjadi kota terbesar di Islandia timur dan layanan utamanya, pusat transportasi dan administrasi. Kota ini memiliki bandara, sekolah tinggi dan rumah sakit. Pertumbuhan lebih lanjut dicanangkan untuk tahun-tahun berikutnya menyusul ledakan ekonomi yang diharapkan di kawasan ini karena Proyek PLTA Kárahnjúkar dan ladang peleburan alumunium Alcoa di Reyðarfjörður.

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Putra daerah[sunting | sunting sumber]