Efek Doppler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gelombang suara yang memancar dari sebuah ambulans akan diterima lebih tinggi/rendah frekuensinya jika ambulans tersebut mendekati/menjauhi kita

Efek Doppler, dinamakan mengikuti tokoh fisika, Christian Andreas Doppler, adalah perubahan frekuensi atau panjang gelombang dari sebuah sumber gelombang yang diterima oleh pengamat, jika sumber suara/gelombang tersebut bergerak relatif terhadap pengamat/pendengar. Untuk gelombang yang umum dijumpai, seperti gelombang suara yang menjalar dalam medium udara, perhitungan dari perubahan frekuensi ini, memerlukan kecepatan pengamat dan kecepatan sumber relatif terhadap medium di mana gelombang itu disalurkan. Rumus ini ada dua, dimana yang satu tidak di pengaruhi oleh angin, dan yang satu lagi dipengaruhi oleh angin.

Efek Doppler Tidak Dipengaruhi Oleh Angin

Rumus:

f_r = \left( \frac{v + v_r}{v + v_{s}} \right) f_s \,
di mana
f_r \; adalah frekuensi pengamat (reaciver).
f_s \; adalah frekuensi sumber.
v \; adalah kecepatan Rambat gelombang.
v_{s} \, adalah kecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat menjauhi sumber gelombang/suara, negatif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara.
v_{r} \, adalah kecepatan pengamat (receiver) relatif terhadap medium; positif jika sumber mendekati pengamat, negatif jika sumber menjauhi pengamat.

Efek Doppler Dipengaruhi Oleh Angin

Rumus:

f_r = \left( \frac{(v + v_a) + v_r}{(v +v_a) + v_s} \right)f_s \,
di mana
f_r \; adalah frekuensi pengamat (reaciver).
f_s \; adalah frekuensi sumber.
v \; adalah kecepatan Rambat gelombang.
v_{s} \, adalah kecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara, negatif jika pengamat menjauhi sumber gelombang/suara.
v_{r} \, adalah kecepatan pengamat (receiver) relatif terhadap medium; positif jika sumber menjauhi pengamat, negatif jika sumber mendekati pengamat.
v_a \; adalah kecepatan angin; positif jika arah angin dari sumber ke pendengar, negatif jika arah angin dari pendengar ke sumber.


v \; KURANG LEBIH 340 m/s.
JIKA PENGAMAT ATAU SUMBER DIAM, MAKA KECEPATANNYA 0 m/s.