Efedrina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Efedrina
Nama sistematis (IUPAC)
(1R,2S)-2-(methylamino)-1-phenylpropan-1-ol
Data klinis
Kat. kehamilan A(AU) A(US)
Status hukum Prescription Only (S4) (AU) Schedule VI (CA) P (UK) OTC (US)
Rute oral, IV, IM, SC
Pharmacokinetic data
Bioavailabilitas 85%
Metabolisme minimal hepatic
Waktu paruh 3–6 hours
Ekskresi 22-99% renal
Pengenal
Nomor CAS 299-42-3
Kode ATC R01AA03 R03CA02 S01FB02
PubChem CID 5032
DrugBank DB01364
ChemSpider 8935
Data kimia
Formula C10H15NO 
Massa mol. 165.23
SMILES eMolecules & PubChem

Efedrina (En: Ephedrine; EPH) adalah sympathomimetic amine yang umumnya dipakai sebagai stimulan, penekan nafsu makan, obat pembantu berkonsentrasi, pereda hidung tersumbat dan untuk merawat hypotensi yang berhubungan dengan anaesthesia. Efedrina mempunyai struktur yang sama dengan turunan sintetis Amphetamine dan Methamphetamine. Secara kimia, senyawa ini adalah alkaloid yang diturunkan dari berbagai tumbuhan bergenus Ephedra (keluarga Ephedraceae). Bahan ini secara umum dipasarkan dalam bentuk hidroclorida dan sulfat.

Di dalam obat-obatan traditionil Tionghoa, tanaman obat má huáng (麻黄, Ephedra sinica) mengandung bahan utama efedrina dan pseudoefedrina. Hal serupa juga terdapat di semua product obat-obatan tanaman yang mengandung sari (extracts) dari species Efedra. Efedrina diisolasi pertama kalinya oleh Nagayoshi Nagai dari tanaman Ephedra distachya (syn. Ephedra vulgaris) pada tahun 1885. Bahan yang bernama soma dari buku hindu kuno seperti Rig Veda, kemungkinan adalah sari ephedra, tetapi hal ini masih diperdebatkan.

Produksi ephedrine di cina telah menjadi industri ekspor yang bernilai jutaan dolar. Berbagai perusahaan secara keseluruhan memproduksi ekstrak untuk diekspor senilai USD$ 13 juta setiap tahunnya yang meliputi 30,000 ton efedra, 10 kali jumlah yang dipergunakan dalam obat-obatan traditionil Tionghoa.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Praala luar[sunting | sunting sumber]