Een Sukaesih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Een Sukaesih

Een Sukaesih
Lahir 10 Agustus 1963 (umur 50)
Bendera Indonesia
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan Guru
Agama Islam

Een Sukaesih adalah seorang guru yang dalam keadaan lumpuh seluruh tubuh telah membaktikan hidupnya sebagai relawan pendidikan di Sumedang, Jawa Barat. Een adalah alumni IKIP Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia/UPI). Beliau menjadi terkenal setelah mendapat anugerah Liputan 6 Award dari SCTV.

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Ketika usianya masih 18 tahun, dia mulai mengalami sakit-sakitan. Selama enam tahun mengalami sakit, tetapi beliau masih bisa berjalan. Namun, sejak 1987, penyakitnya membuatnya lumpuh dan hanya terbaring di tempat tidur.

Keluhan dimulai pada suatu pagi, tiba-tiba beliau merasakan lengan kirinya tak bisa diangkat dan tak bisa digerakkan disertai sakitluar biasa seperti ditusuk-tusuk. Pada sore hari beliau ke dokter untuk berobat dan sembuh dengan minum obat selama 3 hari. Pada hari keempat, obat itu habis dan penyakitnya kambuh. Kali ini bukan hanya lengan kiri tetapi lengan kanan juga. Kemudian beliau ke dokter lagi.

Sakit yang dialami Een dari hari ke hari semakin memburuk. Dari lengan kiri, ke lengan kanan, beralih ke lutut kiri dan kanan, dan berkembang ke semua sendi dari kepala hingga ujung kaki. Een kemudian didiagnosa menderita artritis rheumatoid. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun kronis, progresif dan melumpuhkan. Beberapa penelitian menunjukkan kalau penderita penyakit ini kebanyakan kaum wanita. Een kemudian mengalami infeksi usus. Saat itu, Een sempat divonis dokter kalau usianya hanya bisa bertahan 1 minggu.

Setelah itu, Een menjalani pengobatan alternatif selama enam bulan dan melakukan pijat. Beberapa bulan kemudian, tubuh belakang Een lecet dikarenakan Een hanya bisa tidur terlentang. Keluhan tersebut dialami Een selama 6 bulan.

Sumber[sunting | sunting sumber]