Edwin R. Thiele

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Edwin R. Thiele (1895–1986) adalah seorang penginjil di Tiongkok, editor, arkeolog, penulis dan profesor Perjanjian Lama, khususnya dikenal karena penelitiannya dalam bidang kronologi Kerajaan Israel kuno.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Beliau berasal dari Chicago, lulusan Emmanuel Missionary College (yang dinamakan Andrews University pada tahun 1960) pada tahun 1918 dengan gelar Bachelor of Arts dalam bidang bahasa kuno. Setelah 2 tahun bekerja di East Michigan Conference Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, tahun 1920 beliau pergi bekerja sebagai penginjil di Tiongkok selama 12 tahun. Waktu itu beliau menjadi editor dan manager penerbitan Signs of the Times Publishing House di Shanghai. Setelah pulang ke Amerika Serikat, beliau menerima gelar Master of Arts dalam bidang arkeologi dari University of Chicago tahun 1937. Kemudian ia mengajar di Emmanuel Missionary College, sambil mengerjakan program doktor di University of Chicago. Beliau memperoleh gelar doktor dalam bidang arkeologi Alkitab tahun 1943. Disertasi doktoralnya kemudian diterbitkan dengan judul The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings[1] yang dianggap penerbitan terkemuka tentang kronologi Kerajaan Israel kuno.[2] Untuk penelitian ini, beliau sering pergi ke Timur Tengah. Selain itu, beliau mengarang buku Kristen Knowing God[3] , dan setelah meninggal, jandanya, Margaret, melengkapi bukunya mengenai Kitab Ayub berjudul Job and the Devil.[4]. Pada tahun 1963-1965, beliau menjadi Profesor sejarah kuno di Andrews University. Setelah pensiun tahun 1965, beliau pindah ke California sampai meninggal tahun 1986 di St. Helena, California. Beliau dimakamkan di Rose Hill Cemetery, Berrien Springs, Michigan.

Kronologi Alkitab[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan buku tulisannya The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings.

Kronologi raja-raja Kerajaan Israel kuno dapat dihitung berdasarkan catatan di dalam Alkitab khususnya Kitab Raja-raja dan Kitab Tawarikh yaitu tahun naik tahta dari para raja baik di Kerajaan Israel (Samaria) maupun Kerajaan Yehuda. Namun perhitungan ini menjadi sulit karena ternyata Thiele menemukan 2 metoda penanggalan yang dipakai: tahun naik tahta dan tahun bertahta. Misalnya demikian: Jika seorang raja meninggal tanggal 31 Desember dan raja yang baru naik tahta tanggal 1 Januari, maka perhitungan tahun menjadi jelas. Namun, jika meninggalnya tanggal 1 Desember, maka untuk raja baru, tahun itu menjadi "tahun naik tahta", dan tahun pemerintahan pertama dimulai tanggal 1 Januari tahun berikutnya. Dalam sistem "tahun bertahta", tanggal 1 Desember sampai 31 Desember dihitung sebagai tahun ke-1, sedangkan tahun ke-2 mulai tanggal 1 Januari tahun berikutnya. Dengan demikian, bila tidak dipertimbangkan cermat, akan ada selisih 1-2 tahun karena perbedaan metoda penanggalan ini.

Selain itu, Thiele membuktikan bahwa Kerajaan Israel (Samaria) merayakan tahun baru di musim semi sedangkan Kerajaan Yehuda merayakan tahun baru di musim gugur. Ini masih ditambah bukti, bahwa pada masa pemerintahan ratu Atalya, Kerajaan Yehuda menggunakan penanggalan seperti Kerajaan Israel (Samaria). Hal ini sebenarnya sudah ditemukan oleh Valerius Coucke dari Belgia sebelumnya, seperti yang diakui oleh Dr. Thiele dalam bukunya ini[5]

Dengan pengetahuan ini, maka perbedaan tahun antara raja Ahab dan Yehu (raja Israel) bukan 14 tahun, melainkan hanya 12 tahun, sehingga hal ini cocok dengan prasasti for Kurkh Monolith yang menyebut nama Ahab ikut perang melawan Asyur dalam Perang Qarqar tahun 853 SM, serta prasasti Black Obelisk buatan raja Shalmaneser III yang menyebut Yehu membawa upeti tahun 841 SM. Kedua peristiwa ini berselisih 12 tahun pada penanggalan Asyur yang sudah diteliti. Jadi Ahab melawan tentara Asyur pada tahun terakhir pemerintahannya, sedangkan Yehu membawa upeti pada tahun pertama pemerintahannya.

Dr. Thiele dapat mencocokkan informasi dari Kitab Raja-raja dan Tawarikh dengan kronologi raja-raja, kecuali penanggalan raja terakhir Kerajaan Israel, Hosea, dan raja Yehuda, Hizkia, sehingga ia dengan enggan mengusulkan bahwa ada kesalahan pencatatan penanggalan di Alkitab. Namun peneliti lain berpendapat ada pemerintahan bersama antara Hizkia dan ayahnya, Ahas, yaitu sebagai masa latihan bagi calon raja sebelum menggantikan ayahnya, dan ini menjelaskan penanggalan itu dengan baik. Pendapat ini antara lain diberikan oleh rekan sejawat Dr. Thiele, Siegfried Horn[6], T. C. Mitchell dan Kenneth Kitchen[7] serta Leslie McFall.[8] Meskipun masih terus mendapat kritikan, karyanya ini tetap menjadi pedoman untuk penelitian sejarah di zaman raja-raja Israel kuno.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edwin Thiele, The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings, (1st ed.; New York: Macmillan, 1951; 2d ed.; Grand Rapids: Eerdmans, 1965; 3rd ed.; Grand Rapids: Zondervan/Kregel, 1983). ISBN 0-8254-3825-X, 9780825438257
  2. ^ Kronologi Thiele diterima luas dan dipakai di sejumlah penerbitan lain Cambridge Ancient History (T. C. Mitchell, "Israel and Judah until the Revolt of Jehu (931-841 B.C.)" CAH 3, Part 1, p. 445). Thiele's chronology with the slight modifications of Leslie McFall, ("A Translation Guide to the Chronological Data in Kings and Chronicles," Bibliotheca Sacra 148 [1991], pp. 3-45) is accepted in Jack Finegan's influential Handbook of Biblical Chronology, rev. ed. (Peabody, MA: Hendrickson, 1998), p. 249. See also, in the notes below, the list of scholars who accept his date for the beginning of the divided kingdom.
  3. ^ Thiele, Edwin R., Knowing God, Southern Publishing Association, 1979
  4. ^ Thiele, Edwin R. and Thiele, Margaret R., Job and the Devil, Southern Publishing Association, 1988.
  5. ^ Mysterious Numbers, 3rd ed., p. 59, n. 17, citing V. Coucke, "Chronique biblique," in Supplément au Dictionnaire de la Bible, ed. Louis Pirot, vol. 1, 1928.
  6. ^ Siegfried H. Horn, "The Chronology of King Hezekiah’s Reign," Andrews University Seminary Studies 2 (1964) pp. 48-49.
  7. ^ New Bible Dictionary, 1st ed., J. D. Douglas, editor; Grand Rapids: Eerdmans, 1962, p. 217.
  8. ^ Leslie McFall, "Translation Guide" p.12.