Edwin Louis Cole

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Edwin Louis Cole (lahir di Dallas, Texas pada tahun 1922, meninggal 27 Agustus 2002) adalah pendiri dari Christian Men's Network, sebuah organisasi religius interdenominasi Kristen yang secara khusus mendevosikan diri untuk menolong kaum pria dan para ayah. Ia mempublikasikan banyak buku dan mengkhotbahkan topik-topik yang berkaitan dengan pria dan agama.

Ia banyak dikenal dengan sebutan Ed Cole.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Setelah kelahirannya di Dallas, Cole tinggal dengan ibunya di Texas hingga berumur empat tahun, ketika Cole mengalami penyakit jengkering yang serius. Setelah mengetahui bahwa ia hanya dapat bertahan dengan udara laut dan matahari, ia dan ibunya Florence pindah ke Los Angeles, California.

Di Los Angeles, Edwin berperan aktif di gereja Angelus Temple di bawah pimpinan Aimee Semple McPherson, dan sering tampil dalam khotbah-khotbah berilustrasi di gereja tersebut. Ia mengaku menyaksikan peristiwa-peristiwa ajaib selama masa Depresi Hebat di gereja itu dan di salah satu area kota Los Angeles, di mana ia memainkan terompet bersama sebuah tim kesaksian pinggir jalan.

Ia tidak tinggal di Los Angeles, tetapi mendaftarkan diri di Penjaga Pantai Amerika Serikat selama Perang Dunia II, di mana ia bertemu dengan istrinya, salah satu anggota Penjaga Pantai bernama Nancy Corbett. Beberapa saat setelah pernikahannya, Cole kembali ke keyakinan Kristennya, dan diikuti istrinya juga. Ia kemudian kembali bersaksi di jalan dan dalam dua tahun menerima penggembalaan di sebuah gereja di California utara. Ini mengawali karier religiusnya yang terkenal.

Karier religius[sunting | sunting sumber]

Cole akhirnya menjadi pendeta penuh-waktu pertama di tingkat distrik untuk sebuah denominasi besar, tetapi ia merasa tidak puas. Ia menghabiskan dua puluh tahun berikutnya melakukan sejumlah pekerjaan religius, termasuk perjalanan-perjalanan misi dan penginjilan.

Pada tahun 1977, Cole mendirikan Christian Men's Network, sebuah warisan yang melekat pada dirinya hingga sekarang. Pada masa itu, ia masih aktif melayani di dua buah jaringan televisi Kristen, bekerja sebagai rektor dari sebuah sekolah pelayanan, dan membantu pendirian sebuah radio pelayanan.

Pada April 1984, Cole berhenti dari jabatan-jabatannya dan memfokuskan diri dalam pelayanan prianya. Pelayanan ini berjalan lambat pada awalnya tetapi menjadi populer pada tahun 1980-an dan meledak pada tahun 1990-an yang menginspirasikan pendirian pelayanan-pelayanan pria lainnya.

Kehidupan akhir[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, Cole dan istrinya kembali ke Texas untuk melanjutkan pelayanan mereka. Pada tahun 2002 ia didiagnosa mengidap kanker ketika sedang mengobati patah punggung. Ketika ia pingsan pada 25 Agustus 2002, ia dibawa segera ke rumah sakit terdekat dan kondisinya sangat kritis. Ia meninggal dua hari kemudian pada 27 Agustus 2002 dan dimakamkan dengan upacara tertutup di Newport Beach, California.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]