Edward F. Moore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Edward F. Moore (lahir 23 November 1925 – meninggal di Madison, Wisconsin, 14 Juni 2003 pada umur 77 tahun) adalah seorang profesor dalam bidang matematika dan ilmu komputer di Universitas Wisconsin-Madison dari tahun 1966 hingga saat pensiunnya pada tahun 1985. Dia adalah perintis di bidang teori otomata (automata theory) dan telah berhasil memperkenalkan mesin Moore yang diberi nama dengan mengambil nama dirinya.

Pada tahun 1956 dalam majalah “Scientific American”, dia mengusulkan, lewat artikelnya berjudul: "Artificial Living Plants," suatu pabrik yang terapung dan bisa berkembang secara otomatis. Pabrik ini dapat diprogram untuk melakukan suatu tugas seperti: pembuatan air jernih, dan pengambilan mineral dari air laut. Investasi untuk pembangkitan pabrik ini relatif cukup kecil jika dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh akibat dari perkembangan jumlah pabrik yang bertambah secara ekponensial.

Artikel[sunting | sunting sumber]

  • "Machine models of self-reproduction," Proceedings of Symposia in Applied Mathematics, volume 14, halaman 17-33. The American Mathematical Society, 1962.
  • "Artificial Living Plants," Scientific American, (Oct 1956):118-126
  • "Gedanken-experiments on Sequential Machines," pp 129 – 153, Automata Studies, Annals of Mathematical Studies, no. 34, Princeton University Press, Princeton, N. J., 1956

Lihat pula[sunting | sunting sumber]