Edmund dari Langley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edmund dari Langley
Edmund of Langley 2C Duke of York.jpg
Adipati York
Pengganti Edward dari Norwich, Adipati Kedua
Pasangan Infanta Isabella dari Kastilia
Joan Holland
Anak
Edward dari Norwich, Adipati Kedua York
Constance dari York, Comtesse Gloucester
Richard dari Conisburgh, Earl Ketiga Cambridge
Gelar dan jabatan
Adipati York
Earl Cambridge
Edmund dari Langley
Wangsa Wangsa Plantagenet (melalui kelahiran)
Wangsa York (pendiri)
Ayah Edward III dari Windsor, Raja Inggris
Ibu Philippe dari Hainaut
Lahir 5 Juni 1341
Kings Langley, Hertfordshire
Meninggal 1 Agustus 1402 (umur 61)
Kings Langley, Hertfordshire
Dikubur Kings Langley, Hertfordshire

Sir Edmund dari Langley, Adipati Pertama York, Earl Pertama Cambridge KG (lahir 5 Juni 1341 – meninggal 1 Agustus 1402 pada umur 61 tahun) merupakan putra Raja Edward III dari Inggris dan Philippe dari Hainaut, urutan ke-4 dari 5 orang putra yang tumbuh dewasa, dari pasangan kerajaan tersebut. Seperti layaknya para pangeran pada abad pertengahan, Edmund mendapat nama alias dari asal tempat kelahirannya : Kings Langley di Hertfordshire. Pada usia 21 tahun, ia dijadikan Earl Cambridge. Pada tanggal 6 Agustus 1385, Edmund dijadikan Adipati York.[1] Ia adalah pendiri Wangsa York, namun melalui pernikahan putranya, Richard, bahwa fraksi York di dalam Perang Mawar menuntut tahta (partai lainnya di dalam Perang Mawar, Lancaster, merupakan penerus keturunan laki-laki dari kakandanya, John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Meskipun pernikahan antara keluarga kerajaan dan antara keluarga kerajaan yang memerintah, suatu hal yang menarik untuk dicatat tentang pertalian pernikahan Langley dengan abang tertuanya, John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster. Istri pertama Langley, Infanta Isabella dari Kastilia, merupakan adik perempuan dari istri kedua Gaunt, Infanta Constanza dari Kastilia; istri keduanya, Joan Holland, merupakan adik perempuan menantu Gaunt Margaret Holland, istri putra Gaunt John Beaufort.

Istri pertama Langley, Isabella, merupakan putri Raja Peter dari Kastilia dan María de Padilla. Mereka dikarunia 2 orang putra dan seorang putri :

Setelah kematian Isabella pada tahun 1392, Langley menikahi sepupunya Joan Holland, yang kakek buyutnya adalah Edmund dari Woodstock, Earl Pertama Kent, merupakan saudara tiri kakek Langley Edward II; ia dan Langley merupakan keturunan dari Raja Edward I. Pasangan tersebut tidak memiliki keturunan.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Edmund dari Langley wafat di tempat kelahirannya, dan dimakamkan disana, di dalam gereja Ordo Mendicant. Kerajaannya diwariskan kepada putra sulungnya, Edward.

Lambang

Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Edmund, Adipati Pertama York adalah sebuah karakter penting di dalam Shakespeare Richard II. Di dalam peran tersebut, Edmund mengundurkan diri dari posisinya sebagai penasehat keponakannya, Richard II, tetapi enggan untuk menghianati raja. Ia akhirnya setuju untuk memihak Bolingbroke dan membantunya untuk merampas kembali wilayahnya yang telah disita oleh Richard setelah kematian ayah Bolingbroke, John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster. Setelah Bolingbroke menggulingkan Richard dan dimahkotai Henry IV, Edmund mengetahui rencana putranya, Aumerle untuk membunuh raja yang baru. Edmund menyingkap rencana itu akan tetapi istrinya, Isabella meyakinkan Henry untuk memaafkan putranya.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Person Page 10188". thePeerage.com. Diakses 2008-09-19. 
  • Peggy K. Liss, "Isabel the Queen," New York: Oxford University Press, 1992, p. 165
  • James Reston, Jr. "Dogs of God," New York: Doubleday, p. 18.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Sir Thomas Reines
Maharaja Warden dari Cinque Ports
1376–1381
1396–1398
Diteruskan oleh:
Sir Robert Assheton
Didahului oleh:
Maharaja Beaumont
Diteruskan oleh:
Bangsawan Dorset
Didahului oleh:
Sir John Holland
Kepala Pengadilan
1385–1387
Diteruskan oleh:
Adipati Irlandia
Bangsawan Inggris
Ciptaan baru Adipati York
1385–1402
Diteruskan oleh:
Edward dari Norwich,
Adipati kedua, Earl Kedua
Earl Cambridge
1362–1402