Edgar Morin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Edgar Morin adalah seorang filsuf dan sosiolog dari Perancis.[1] Dia dikenal karena keahliannya dalam bidang ilmu transdisiplin.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke 20, keluarganya pindah dari Yunani ke Marseille[2] lalu ke Prancis dimana Edgar dilahirkan pada tanggal 8 Juli 1921 dengan nama Edgar Nahoum. Perkenalannya pertama kali pada sosialisme terjadi saat Perang Saudara di Spanyol. Ketika Jerman menginvansi Perancis pada tahun 1940, Edgar mengungsi ke Toulouse dimana dia mengabdikan dirinya pada sosialisme Marxist. Sebagai anggota dari French Resistance, dia mengadopsi nama Morin dan menggunakan nama tersebut samapi akhir hayatnya. Edgar bergabung dengan Partai Komunis Prancis pada tahun 1941. Edgar menikahi Violette Chapellaubeau pada tahun 1945 dan tinggal di Landau dimana dia bertugas sebagai Letnan di kesatuan French Occupation di Jerman.

Pada tahun 1946, dia kembali ke Paris dan meninggalkan karir militernya untuk fokus kepada aktivitasnya dalam Partai Komunis. Namun, hubungannya dengan partai tersebut memburuk dan akhirnya Edgar keluar dari partai pada tahun 1951 setelah ia mempublikasikan sebuah artikel di Le Nouvel Observateur. Di tahun yang sama, dia bergabung dengan National Center of Scientific Research (NCRS).

Pada tahun 1959, bukunya yang berjudul Autocritique diterbitkan. Pada tahun yang sama sosiologi dari Prancis, Georges Friemann, bersama Roland Barthes mendirikan pusat studi komunikasi (Center for the Study of Mass Communication) di Paris dan kemudian berganti nama menjadi Edgar Morin Centre.[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edgar Morin, Véronique Nahoum-Grappe, Haïm Vidal Sephiha (1989) "Vidal et les siens", Paris: Seuil, 317 pages.
  2. ^ Edgar Morin, Véronique Nahoum-Grappe, Haïm Vidal Sephiha (1989) "Vidal et les siens", Paris: Seuil, 317 pages.
  3. ^ "Centre Edgar-Morin". iiac. Diakses 2012-12-20. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Van Herpen, Marcel. "PARIS MAY ’68 AND PROVO AMSTERDAM ‘65". pp. 19. Retrieved 2010-12-20.
  • Gershenson, C., D. Aerts, and B. Edmonds (Eds.). (2007). Worldviews, Science, and Us: Philosophy and Complexity. World Scientific, Singapore