Eats, Shoots & Leaves

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eats, Shoots & Leaves: The Zero Tolerance Approach to Punctuation
PengarangLynne Truss
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
SubjekTata bahasa Inggris
GenreNon-fiksi
PenerbitProfile Books
Tanggal terbit
6 November 2003
Jenis mediaPrint (Hardcover)
Halaman228 pp.
ISBNISBN 9781861976123
OCLC55019487
428.2 22
LCCPE1450 .T75 2003

Eats, Shoots & Leaves: The Zero Tolerance Approach to Punctuation adalah buku nonfiksi pendek yang ditulis oleh Lynne Truss, mantan pembawa acara radio Cutting a Dash di BBC. Dalam buku ini, Truss membahas masalah tanda baca di Inggris dan Amerika dan aturan-aturannya yang semakin dilonggarkan oleh masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengingatkan pembaca akan pentingnya tanda baca.

Judul buku ini diambil dari lelucon berikut:

A panda walks into a café. He orders a sandwich, eats it, then draws a gun and proceeds to fire it at the other patrons.

'Why?' asks the confused, surviving waiter amidst the carnage, as the panda makes towards the exit. The panda produces a badly punctuated wildlife manual and tosses it over his shoulder.

'Well, I'm a panda,' he says, at the door. 'Look it up.'

The waiter turns to the relevant entry in the manual and, sure enough, finds an explanation. 'Panda. Large black-and-white bear-like mammal, native to China. Eats, shoots and leaves.'

Kata shoots dapat berarti pucuk-pucuk muda tanaman (jamak dari shoot) atau menembak (kala kini dari shoot); kata leaves dapat berarti daun-daunan (jamak dari leaf) atau pergi (kala kini dari leave). Entri kamus tersebut seharusnya ditulis Eats shoots and leaves yang berarti memakan pucuk-pucuk tanaman dan daun-daun dan bukan Eats, shoots and leaves yang berarti makan, menembak dan pergi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]