Earl Silas Tupper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Earl Tupper
Lahir 28 Juli, 1907
Berlin, New Hampshire, USA
Meninggal 5 Oktober, 1983
Kebangsaan Amerika Serikat
Dikenal karena Tupperware

Earl Silas Tupper (lahir 28 Juli 1907 – meninggal 5 Oktober 1983 pada umur 76 tahun) adalah penemu dari produk-produk Tupperware, sebuah wadah penyimpanan dari plastik yang kedap udara yang sangat terkenal.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia terlahir pada suatu daerah pertanian di Berlin, New Hampshire, Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan pendidikan, ia mulai menekuni usaha pertamanan dan perkebunan hingga Depresi Besar memaksa usahanya mengalami kebangkrutan. Dimana kemudian ia mendapatkan pekerjaan di DuPont Chemical Company.

Pembuatan Tupperware[sunting | sunting sumber]

Dengan mempergunakan ketidak stabilan dari unsur polyethylene slag yang diebrikan padanya oleh DuPont, ia memurnikannya dan meleburnya untuk menjadi suatu wadah penyimpanan yang ringan, tidak mudah pecah untuk barang-barang seperti mangkuk, gelas, piring dan bahkan topeng gas pada Perang Dunia II. Dimana kemudian ia merancang wadah yang anti udara dan air.

Ia kemudian perusahaan bernama Tupperware pada tahun 1938, dan pada tahun 1946, ia memperkenalkan barang tersebut pada divisi perangkat keras dan pusat-pusat perbelanjaan. Sekitar tahun 1948, ia mendapatkan tenaga ahli yaitu Brownie Wise yang mencuri perhatiannya setelah Wise menelpon ke kantornya di S. Grafton, (Farnumsville), Massachusetts cukup lama, dimana ia menjelaskan kesuksesannya menjual barang-barang Tupperware melalui metode penjualan Tupperware party. Berdasarkan strategi penjualan yang dibangun oleh Brownie Wise, di awal-awal tahun 1950an, Tupperware ditarik dari peredarannya di toko-toko retail dan pusat perbelanjaan dan metode penjualan dengan Tupperware party menjadi metode yang dikenal luas di rumah-rumah di Amerika Serikat dan luar negeri, dan menjadi satu contoh metode penjualan yang sangat sukses dan membuatnya ditiru oleh banyak orang. Kantor pusat dari Tupperware dipindah dari Massachusetts ke Orlando, FL. Setelah berpisah karena ada perselisihan dengan Wise pada tahun 1958, Tupper menjual perusahaannya seharga 16 juta USD kepada Rexall (yang menjadi Dart Industries pada tahun 1969). Tidak lama kemudian ia bercerai dengan istrinya, menanggalkan kewarga negaraan Amerikanya untuk menghindari pajak yang sangat tinggi, dan membeli pulau terpencil di Amerika Tengah. Pada tahun 1984, tahun dimana ia meninggal dunia, patennya di Tupperwarepun berakhir.[1]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ PBS American Experience, People & Events: Earl Silas Tupper (1907-1983)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]