ENI Indonesia Ltd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Eni Indonesia Ltd adalah anak perusahaan Eni dari Italia yang amerupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang ditunjuk BPMIGAS untuk melakukan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia.

Eni mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2000. Aktivitas produksinya dikonsentrasikan di pulau Kalimantan (Borneo) di Blok Sanga-Sanga PSC di mana Eni memiliki 37,81% saham dengan sisanya dimiliki oleh Virginia Indonesia Co (VICO). Area tersebut terutama memproduksi gas alam yang hasilnya dikirimkan ke PT Badak NGL, sebuah pabrik penghasil LNG (Liquid Natural Gas) dan LPG (Liquid Petroleum Gas) di Bontang.

Aktivitas eksplorasi Eni difokuskan di lepas pantai (deep water/laut dalam) Kalimantan Timur. Eni memiliki participating interest di delapan lokasi di dua cekungan minyak Kutai dan Tarakan. Empat lokasi (Muara Bakau, Ambalat, Bukat dan Bulungan) dimiliki dengan persentase 41.25% hingga 100%, sedangkan empat lainnya (Ganal, Rapak, Popodi, Papalang) dengan persentase 20% hingga 37.8%.