ECVT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentuk mesin pemindai ECVT dari Ctech Edwar saat kunjungan

ECVT (Electrical capacitance volume tomography) adalah sistem pemindai berbasis medan listrik statis yang mampu melakukan pemindaian dari dalam dinding ke luar dinding seperti pada pesawat ulang-alik.

Di dunia medis khususnya bedah saraf sangat membutuhkan alat bantu pencitraan otak untuk mendiagnosis berbagai penyakit. Alat bantu tersebut secara garis besar bisa dibagi dua, menjadi alat untuk melihat struktur otak, dan alat untuk melihat fungsi ataupun kerja otak. Contoh alat diagnositk yang lazim digunakan untuk melihat kelainan struktural adalah adalah CT Scan (Computed Tomography Scanning) dan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Sedangkan jika hendak melihat kerja otak, telah banyak digunakan fMRI (functional MRI), MEG (Magnetic Encephalography), PET (Positron Emission Tomography), SPECT (Single Photon Emission Computed Tomography), EEG (Electro Encephalo Graphy), maupun fNIRS (functional Near Infra Red Spectroscopy).

Meski telah ada beberapa jenis alat pencitraan otak, ECVT memiliki kelebihan dibanding alat-alat lainnya yang sejenis. Di antaranya yang utama adalah alat tersebut bersifat mobile (bisa di bawa ke mana saja, dan pasien tidak harus dalam posisi "terkunci"), mampu mendeteksi bagian dalam otak bukan hanya permukaan otak saja, dan hasil pemeriksaannya pun berupa real time (hasil gambar merupakan kerja otak saat itu). Selain itu, ECVT juga menggunakan konsep yang sama sekali baru dalam membuat pencitraan otak, yaitu electrical capacitance. Berbeda dengan fMRI yang menggunakan BOLD (Blood Oxygen Level Dependent) maupun fNIRS yang memakai CBV (cerebral blood volume).