Kurcaci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dwarf)
Ilustrasi kurcaci dalam mitologi Nordik.

Kurcaci (Inggris: dwarf) adalah manusia kerdil dalam mitologi Nordik. Kurcaci juga sering diadopsi sebagai tokoh dalam kisah-kisah fiksi fantasi, film, dan permainan video.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, tetapi berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat serigala ganas, Fenrir.

Kurcaci dalam kisah dongeng[sunting | sunting sumber]

Dalam kisah dongeng Putih Salju, kurcaci digambarkan sebagai bangsa pekerja keras, polos, sedikit serakah, penggerutu, tetapi juga pelindung.[1]

Dalam kisah-kisah The Lord of the Rings, kurcaci adalah salah satu ras yang menghuni Dunia Tengah. Mereka tinggal di kedalaman gua-gua dan merupakan pengrajin logam yang baik. Mereka memiliki sifat keras kepala dan selalu bersaing dengan peri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cirlot, J.E (2001). A Dictionary of Symbols: Second Edition. London: Routledge. hlm. 91. ISBN 0-203-13375-7. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]