Dunia Roh (Avatar: The Legend of Aang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Dunia Roh dalam tayangan Avatar: The Legend of Aang.

Dalam serial animasi televisi berjudul Avatar: The Legend of Aang, Dunia Roh adalah sebuah dunia paralel yang terhubung dengan dunia manusia. Hanya beberapa orang dari dunia manusia yang bisa mencapai tempat tersebut. Dunia tersebut merupakan kediaman para makhluk supranatural, para roh dari dunia manusia dan roh para Avatar. Beberapa roh berwujud binatang, mampu pergi ke dunia manusia dan bertindak sebagai penjaga hutan, sungai, dan sebagainya.

Gerbang[sunting | sunting sumber]

Beberapa lokasi spiritual di dunia manusia merupakan "gerbang" yang terhubung dengan Dunia Roh. Penghubung yang sebenarnya adalah para Avatar, sehingga mereka dijuluki "Jembatan antara Dunia Roh dan Dunia Manusia." Lokasi yang dapat menjadi pintu gerbang ke Dunia Roh, antara lain:

  • Patung Hei Bai: Patung yang terdapat di tengah hutan Sen Lin, Kerajaan Bumi. Patung itu didedikasikan untuk Hei Bai, roh pelindung hutan tersebut. Aang menuju Dunia Roh ketika dirinya bermeditasi di atas patung tersebut; dapat disaksikan dalam episode "The Spirit World (Winter Solstice, Bagian 1)."
  • Mata Air Roh: Terletak di kutub utara. Mata air keramat tersebut merupakan pusat tenaga spiritual bagi Suku Air Selatan dan merupakan kediaman bagi penjelmaan Roh Lautan dan Bulan dalam wujud fisik. Di tempat tersebut, Aang menuju Dunia Roh (dapat disaksikan dalam episode "The Siege of the North"). Di tempat itu pula, Avatar Kuruk (inkarnasi Aang sebelumnya) melangsungkan upacara pernikahannya dengan Ummi. Karena muncul kekuatan tak dikenal, Ummi ditarik ke dalam mata ir. Avatar Kuruk menyusulnya hingga ia tiba di Dunia Roh. Semenjak saat itu, Avatar Kuruk menghabiskan sisa hidupnya demi mencari Ummi.
  • Rawa Berkabut: Sebuah rawa yang terbentuk dari suatu organisme tunggal yang besar. Rawa tersebut mampu menciptakan berbagai keganjilan dan hal-hal misterius, termasuk menyebabkan cuaca misterius dan menampilkan penampakan pada masa lalu maupun masa depan. Sang Avatar mampu menggunakan koneksinya dengan Dunia Roh untuk berkomunikasi dengan pohon yang menjamah seluruh isi hutan tersebut.
  • Kuil Avatar Roku: Sebuah kuil besar yang dibangun di atas pulau berbentuk sabit, di wilayah Negara Api. Kuil tersebut didedikasikan untuk Roku|Avatar Roku dan dijaga oleh para orang bijak. Pada masa garis balik matahari di musim dingin, Aang mampu berkomunikasi dengan penjelmaannya pada masa lalu, yaitu Avatar Roku. Kuil tersebut dihancurkan oleh Avatar Roku untuk menyelamatkan Aang dan sekutunya setelah mengetahui bahwa Laksamana Zhao berencana menangkap mereka di dalam kuil tersebut. Kuil ini pertama kali terlihat dalam episode "Avatar Roku (Winter Solstice, Bagian 2)."