Dragunov SVU

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
OTs-03 SVU
СВУ-АС.jpg
Senapan runduk SVU
Tipe Senapan runduk
Negara asal  Rusia
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1994-sekarang
Sejarah produksi
Produsen KBP
Varian OTs-03A (SVU-A)
Spesifikasi
Berat 3,6 kg (magazen kosong tanpa peluru, tanpa bidikan optik)
Panjang 87 cm, 34.2"
Panjang laras 52 cm, 20.4"(4 grooves, 1 in 245 mm right-hand twist)

Peluru 7,62 × 54 mmR
Mekanisme Gas operated, rotating bolt
Kecepatan peluru 830 m/s
Amunisi Magazen box isi 10 atau 20 butir (SVU)
Magazen box isi 20 atau 30 butir SVU-A
Alat bidik Bidikan besi,
Bidikan optik PSO-1,
bidikan optik lain.

Dragunov SVU (Rusia : Snayperskaya Vintovka Ukorochennaya, Inggris : Sniper Rifle, Shortened, "Senapan Runduk (yang) Dipendekan") atau OTs-03 SVU adalah senapan runduk varian dari SVD yang menggunakan konfigurasi bullpup. Senapan ini dikembangkan pada tahun 1994 oleh KBP untuk departemen dalam negeri Rusia. Senapan runduk ini lebih pendek dari SVD, hal ini disebabkan oleh laras yang lebih pendek 100 mm dari sebelumnya dan menggunakan konfigurasi bullpup. Laras yang lebih pendek dilengkapi dengan peredam kilat / suara dan mampu mengurangi recoil sampai dengan 40 %. Senapan ini dilengkapi dengan bidikan besi dan bidikan optik PSO-1 dan juga dapat dipasang bayonet pada bagian bawah larasnya.

Berbeda dengan rata-rata tembakan senapan runduk modern, rata-rata tembakan senapan ini adalah 30 peluru/menit dengan jangkauan tembak 400 m. Kebanyakan senapan runduk modern mampu menjangkau sampai 1000 m dengan rata-rata tembakan 5 peluru/menit.

Varian[sunting | sunting sumber]

SVU-A[sunting | sunting sumber]

SVU-A (Rusia : Snayperskaya Vintovka Ukorochennaya - Avtomaticheskaya / Avtomat, "Senapan Runduk Otomatis (yang) Dipendekan") atau OTs-03A (SVU-A) dikembangkan pada tahun 1991 dengan pilihan mode tembak semi dan full otomatis. Senapan ini menggunakan magazen kapasitas 20 atau 30 butir peluru. Perbedaan dari SVD adalah ditingkatkannya stabilitas dengan penambahan bipod di bagian bawah laras senapan, alat bidik yang lebih baik digunakan mengganti tipe bidikan optik sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]