Dulce I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Douce I

Dulce I (juga Dulcia atau Dolça, dipanggil "dari Rouergue" atau "dari Gévaudan") (tahun 1090 – 1127) merupakan putri Gilbert I dari Gévaudan dan Gerberge dari Provence dan istri Ramón Berenguer III, Comte Barcelona. Pada tahun 1112, ia menjadi ahli waris kabupaten Provence lewat ibundanya. Ia menikahi dengan Ramón Berenguer di Arles pada tanggal 3 Februari pada tahun itu.

Pada tahun 1113, Dulce menyerahkan haknya atas Provence, Gévaudan, dan Viscount Millau kepada suaminya. Menurut pendapat yang pernah berlaku, "Penyanyi-penyanyi jalanan Provençal ... memasuki Katalunya pada saat itu" dan bahkan bahasa Katalan diimpor dari Provence.[1]Menurut sejarawan-sejarawan nasionalis hal ini adalah permulaan dari l'engrandiment occitànic (pengembangan Occitan): suatu skema yang hebat untuk mempersatukan berbagai wilayah dari kedua sisi Pirenia.[2]

Sesungguhnya pernikahan itu memberikan Wangsa Barcelona kepentingan luas di dalam Ositania dan memasukkannya ke dalam konflik dengan para comte Toulouse, dengan siapa sebuah partisi Provence ditandatangani pada tahun 1125, tak lama setelah kematian Dulce. Kematiannya menandai periode ketidakstabilan di Provence. Sebuah cabang kadet Wangsa Barcelona didirikan untuk memerintah, namun sengketa suksesi mengakibatkan Pertempuran Baussenque (1144–1162), yang diakhiri dengan kemenangan Provençal. Keturunan Dulce dan Ramón Berenguer terus memerintah Provence sampai kematian Beatrice dari Provence pada tahun 1267.

Keturunannya dengan Ramón Berenguer adalah sebagai berikut :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Henry John Chaytor (1933), A History of Aragon and Catalonia (London: Methuen), 63–4, who shows both views to be questionable.
  2. ^ Thomas N. Bisson (1984), "The Rise of Catalonia: Identity, Power, and Ideology in a Twelfth-Century Society," Annales: Economies, Sociétés, Civilisations, xxxix, translated in Medieval France and her Pyrenean Neighbours: Studies in Early Institutional History (London: Hambledon, 1989), 179.
Didahului oleh:
Gerberge
Comtesse Provence
1112–1127
Diteruskan oleh:
Berenguer Ramón I