Dotmobi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nama domain dotMobi termasuk ke dalam ranah internet tingkat teratas atau TLD (Top Level Domain) di Sistem Penamaan Domain di Internet. Nama ini berasal dari kata sifat mobile atau bergerak, yang menunjukkan penggunaannya oleh perangkat mobile untuk mengakses sumber dari Internet melalui mobile web.

Domain ini telah disetujui oleh ICANN pada tanggal 11 Juli 2005, dan dikelola oleh kantor pendaftaran global mTLD. Pada awalnya, domain ini didukung secara finansial dan disponsori oleh Google, Microsoft, Nokia, Samsung, Ericsson, Vodafone, T-Mobile, Telefonica Moviles, Telecom Italia Mobile, Orascom Telecom, GSM Association, Hutchison Whampoa, Syniverse Technologies, dan Visa International Service Associaton, dengan seorang eksekutif dari setiap perusahaan yang menduduki tempat di jajaran direksi mTLD.

Pada bulan Februari 2010, Afilias mengakuisisi mTLD Top-Level Domain Ltd. (secara umum dikenal sebagai dotMobi)

Cara Beroperasi[sunting | sunting sumber]

Nama domain dotMobi telah tersedia untuk registrasi secara publik sejak 26 September 2006. DotMobi membantu dan bekerja sama dengan W3C MWI (Mobile Web Initiative) dalam merumuskan MWI Best Practice untuk konten mobile. Praktek ini menguraikan sejumlah cara untuk mencapai pengalaman yang baik bagi para pengguna pada perangkat berbasis web untuk mobile, dan juga beberapa metode untuk mengimplementasikan praktik ini.

mTLD telah merilis sebuah sarana pengujian gratis yang dinamakan Ready.mobi untuk menganalisa apakah sebuah situs web siap untuk memiliki situs mobile web. Bentuk dari sarana ini adalah berupa situs web gratis yang berfungsi menganalisa dan memberikan skor kesiapan dari 1 sampai 5. Skor tersebut menilai kesiapan dari sebuah situs web untuk menggunakan praktik mana yang terbaik dan yang direkomendasikan oleh dotMobi.

dotMobi sendiri tidak mensyaratkan adanya teknologi tertentu dari situs web tersebut, tetapi dotMobi menghendaki setiap situs yang menggunakan dotMobi untuk konsisten pada peraturan dalam memberikan pengalaman bagi pengguna, dan secara spesifik dioptimalkan hanya untuk ponsel.

Seperti yang diklaim oleh Tim Berners-Lee dari World Wide Web Consortium, dotMobi diduga telah melanggar prinsip-prinsip kebebasan perangkat web. Menyediakan konten yang disesuaikan dengan perangkat tertentu dapat dilakukan dengan cara lain tanpa menggunakan TLD, seperti menggunakan nama host di dalam sebuah domain yang sudah ada, HTTP negosiasi konten, Cascading Style Sheet (CSS), atau bentuk adaptasi lainnya.

Jasa Lainnya yang Serupa[sunting | sunting sumber]

Terdapat solusi teknis lainnya yang memberikan manfaat yang sama seperti dotMobi: proxy server dan browser mikro yang berfungsi memadatkan, seperti Opera (perangkat lunak) Mobile, yang dapat menyesuaikan setiap situs web menjadi tampilan kecil (dengan menggunakan teknik Small Screen Rendering). Namun, browser ini masih tetap harus mengunduh seluruh halaman (dengan gambar dan berkas-berkas lainnya), yang bila tidak dioptimalkan untuk ponsel, dapat memakan waktu lama dan uang yang banyak untuk mengunduh. Untuk mengatasi isu tersebut, dua teknik adaptasi dapat digunakan bersama-sama. Ini adalah ide di balik proxy server berbasis browser mikro seperti Opera Mini. Namun, halaman web yang dilihat pada ponsel melalui proxy server berbasis browser mikro jarang dirancang secara khusus untuk ponsel, sehingga keputusan mengenai apa yang akan dipadatkan, apa yang tetap ditampilkan, dan bagaimana menampilkannya, ada di tangan proxy server atau browser. Hal ini terkadang dapat merugikan bagi pemilik situs web, karena pesan yang ia ingin sampaikan tidak tercapai ke para pengguna mobile web.

W3C juga mengembangkan bahasa authoring baru, seperti DIAL (Device Independent Authoring Language), yang membantu penulis dalam menciptakan situs web yang dapat digunakan pada berbagai macam perangkat mobile yang tersedia saat ini. Beberapa solusi adaptasi sudah mendukung penggunaan DIAL, serta bahasa yang serupa dalam menciptakan situs yang dapat digunakan dengan nama domain dotMobi. Selain itu, terdapat inisiatif lain, termasuk WURFL, yang membahas masalah yang berhubungan dengan basis data yang besar dari string identifikasi browser.

Pendapat Khalayak[sunting | sunting sumber]

Dioptimalkannya tampilan ponsel bagi seluruh situs yang menggunakan dotMobi merupakan keuntungan utama dari domain ini, dilihat dari perspektif pengguna. Dan bukan hanya tampilannya saja, tapi juga konten yang cocok dan sesuai. Hal ini dapat diartikan bahwa, situs-situs web ini dioptimalkan berdasarkan kemampuan khusus serta batasan-batasan yang dimiliki oleh perangkat mobile, seperti layar yang lebih kecil, bentuk atau ukuran perangkat, pilihan input/output dari perangkat, dan sensor yang tertanam di dalam perangkat (seperti sensor kecepatan, lokasi, sentuhan dan lain sebagainya), dan juga faktor lain yang berhubungan dengan apa yang pengguna inginkan, seperti harapan akan bentuk situs web yang dapat diakses dengan cepat dan mendekati sempurna. Walaupun ranah internet tingkat teratas lainnya secara teknis dapat melakukan optimalisasi yang sama, namun pada kenyataannya hanya sebagian kecil dari mereka yang mampu. Oleh karena itu, solusi adaptasi terhadap konten tetap harus dilakukan. Selain itu, dotMobi juga menciptakan dua buah perangkat yang berbeda tapi terhubung dari World Wide Web, yang satu berbasis desktop dan yang satunya berbasis mobile. Hal ini dapat berakibat pada produksi konten yang berlebihan, dan bagi para penyedia konten, mengurus dua situs web yang terpisah dapat berarti pekerjaan yang juga bertambah.

Terdapat beberapa kritik yang mengatakan bahwa dotMobi merupakan pilihan yang patut disayangkan bagi penggunaan text entry di ponsel, karena dibutuhkan sembilan atau sepuluh keystrokes (bahasa Indonesia: penekanan tombol) pada pengaturan umum. Hal ini membuktikan tidak efisiensinya dotMobi, dibandingkan dengan .com yang memiliki tujuh keystrokes dan .wap yang membutuhkan tiga keystrokes. Terdapat kemungkinan, bahwa dotMobi akan banyak digunakan oleh produsen ponsel di masa depan, dan fitur text input yang telah diprediksi sebelumnya mampu menguranginya menjadi satu keystrokes, dan hal ini tentu dapat mengeliminasi masalah secara efektif.

[sunting | sunting sumber]

dotMobi didukung oleh operator jaringan selular, ponsel dan vendor infrastruktur, situs pencarian Internet dan penyedia konten.

Alokasi Nama Premium[sunting | sunting sumber]

mTLD telah menyusun daftar sekitar 5.700 kata-kata yang umum digunakan dan frasa yang telah disisihkan untuk alokasi yang sepantasnya, selain yang ada pada sistem tradisional sudah ada. Hal ini dirancang untuk: 1) menciptakan bidang alokasi nama dengan tingkatan yang lebih tinggi, 2) meningkatkan kemungkinan bahwa nama-nama domain ini akan memberikan fitur dan layanan baru yang lebih cepat dan tepat pada komunitas mobile, dan 3) menjaga stabilitas dan keamanan pengoperasian pendaftaran. mTLD akan mengalokasikan nama premi tersebut melalui lelang dan Request for Proposal (RFP) yang diproses secara triwulan pada tahun 2008. Proses ini telah disetujui oleh ICANN dan dengan masukan dari mTLD Policy Advisory Board dan juga WIPO. Sengketa yang timbul atas nama domain Mobi bisa diajukan dan dikelola oleh National Arbitration Forum. Keputusan mengenai perselisihan ditentukan oleh salah satu dari 147 pakar pada panel kekayaan intelektual National Arbitration Forum.

Pada tanggal 13 September 2007, dotMobi mengadakan pelelangan 100 premium domain dotMobi melalui Sedo untuk memperingati ulang tahun pertama mereka sejak diluncurkan untuk publik.

dotMobi telah menjual ratusan nama domain melalui proses lelang, namun kontroversi selalu mengikuti. Dalam satu lelang, sebuah situs dotMobi terjual seharga $ 616.000. Lelang ini dibatalkan karena adanya masalah teknis di Sedo. Selain itu, tidak satu pun dari 25 domain top yang paling mahal terjual pada lelang pertama dan mencapai target tenggat waktu bagi mereka untuk memiliki situs web yang aktif.

Nama-nama Lainnya yang Dicadangkan[sunting | sunting sumber]

Setelah rilis, dotMobi telah mencadangkan beberapa nama sesuai kontrak dengan ICANN. Yang termasuk ke dalam persyaratan kontrak adalah syarat dotMobi, syarat dari TLD lainnya, nomor darurat, dan nama geografis. Nama geografis pertama yang akan dirilis dari dotMobi adalah Helsinki.mobi

Setelah Penjualan[sunting | sunting sumber]

Beberapa nama domain yang terjual di mobi mTLD telah memiliki harga dikisaran seratus ribu dolar, termasuk Flower.mobi, Sportsbook.mobi, Fun.mobi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Renantia, Diyang. 2008. Teknologi dan Indonesia. Jakarta: Penerbit PTK-OK
  2. About us | dotMobi
  3. All About the .mobi Extension
  4. Tim Berners Lee. New Top Level Domains .mobi and .xxx Considered Harmful
  5. Premium Names | dotMobi
  6. Reserved_Names_minus_city_names.pdf
  7. [mtld.mobi/node/5972]
  8. Hold the Records: .Mobi Auctions Voided
  9. Courts.com and Completed Live Auction Sales Produce Bumper Crop of Six-Figure Domain Deals
  10. Second Highest .Mobi Sale To Date Heads New DN Journal Top 20
  11. All About the .mobi Extension
  12. W3C Device Independence Working Group: "The ".mobi" Proposal is Inconsistent with Device Independence Principles", retrieved 8 September 2008

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. dotMobi