Dorudon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Dorudon
Rentang fosil: Akhir Eosen
Dorudon atrox, dari Senckenberg Museum
Dorudon atrox, dari Senckenberg Museum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Archaeoceti
Famili: Basilosauridae
Upafamili: Dorudontinae
Miller, 1923
Genus: Dorudon
Gibbes, 1845
Spesies
  • Dorudon atrox
  • Dorudon serratus

Dorudon("Gigi tombak") adalah genus cetacean kuno yang hidup bersamaan dengan Basilosaurus sekitar 41 hingga 33 juta tahun lalu, pada masa Eosen. Panjang mereka mencapai 5 meter dan mereka adalah karnivora, mereka hidup dari ikan-ikan dan moluska kecil. Para Dorudontin hidup di lautan hangat di seluruh dunia. Fosil mereka telah ditemukan di Amerika Utara, Mesir juga di Pakistan bagian Timur dari lautan Tethys kuno.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kaki belakang Dorudon, dari spesimen yang berasal dari Smithsonian Natural History Museum, Washington, DC
Restorasi Dorudon

Dorudontin sempat dikira sebagai Basilosaurus muda karena fosil mereka yang mirip namun lebih kecil. Tetapi spesies mereka kemudian dipisahkan setelah penemuan Dorudon muda. Meskipun mereka terlihat seperti paus modern, para basilosaurin dan dorudontin tidak punya 'Melon' yang memungkinkan mereka menggunakan suara ultrasonik secara efektif seperti paus modern. seperti basilosaurid lainnya, lubang napas mereka ada di antara ujung moncong hingga bagian atas kepala mereka. Bayi Dorudon mungkin menjadi santapan bagi Basilosaurus, berdasarkan bekas luka gigitan pada tengkorak dari beberapa Dorudon muda.

Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Dorudon muncul dalam film dokumenter BBC Walking with Beasts tepatnya di episode Whale Killer , juga pada bagian keempat dari sekuelnya, Sea Monsters. Mereka ditunjukkan hidup dalam kelompok, sedangkan bayi mereka menjadi makanan utama dari Basilosaurus.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]