Dorado (rasi bintang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
DORADO

Peta Dorado
Singkatan Dor
Genitif Doradus
Simbolisme ikan lumba-lumba atau ikan pedang
Asensio rekta 5
Deklinasi -65
Keluarga Bayer
Kuadran SQ1
Luas area 179 derajat persegi (ke-72nd)
Bintang Bayer/Flamsteed 14
Bintang berplanet 2
Bintang terang 0
Bintang dekat 0
Bintang paling terang a Dor (3.27m)
Bintang terdekat GJ 2036 (36.50 ly, 11.19 pc)
Obyek Messier 0
Hujan meteor None
Rasi yang berbatasan Caelum
Horologium
Reticulum
Hydrus
Mensa
Volans
Pictor
Dapat dilihat antara 20° LU dan 90° LS.
Tampak paling jelas pada pukul 21.00 selama bulan Januari.

Dorado adalah sebuah rasi bintang di langit selatan, dibuat di akhir abad ke-16 dan sekarang merupakan satu dari 88 rasi bintang modern. Namanya merujuk kepada ikan lumba-lumba (Coryphaena hippurus), yang dikenal sebagai dorado dalam bahasa Spanyol, meskipun dirujuk juga sebagai ikan pedang pada masa lalu. Dorado berisi hampir seluruh dari Awan Magelanis Besar yang sisanya ada di rasi bintang Mensa. Kutub Selatan Ekliptis juga berada di dalam rasi bintang ini.

Meskipun namanya bukan bahasa Latin tapi bahasa Spanyol, para astronom memberinya genitif Latin Doradus ketika menamakan bintang-bintangnya. Mereka memperlakukannya sama seperti adalah nama Yunani feminin normal yang berakhir di -o (seperti Io atau Callisto atau Argo), nama-nama yang memiliki akhiran genetif -us.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dorado adalah satu dari dua belas rasi bintang yang diciptakan Petrus Plancius dari observasi Pieter Dirkszoon Keyser dan Frederick de Houtman dan pertama kali muncul di sebuah globe rasi bintang berdiameter 35 cm yang dipublikasikan pada 1597 (atau 1598) di Amsterdam oleh Plancius bersama Jodocus Hondius. Penggambaran pertamanya di sebuah atlas langit adalah di Uranometria karya Johann Bayer pada tahun 1603, pada waktu itu juga bernama Dorado. Konstelasi ini diketahui di abad ke-17 dan abad ke-18 disebut sebagai Xiphias, atau ikan pedang, lalu disahkan oleh daftar bintang Tycho Brahe edisi Johannes Kepler yang berada dalam Rudolphine Tables pada tahun 1627. Nama Dorado lambat laun menjadi dominan dan disahkan oleh IAU.

Konstelasi ini ditulis dalam Asterisme Selatan (近南極星區, Jìnnánjíxingou) dan dibedakan menjadi dua asterisme sebagai Penutup-penutup Kecil Terpasang (夾白, Jiabái) dan Ikan Emas (金魚, Jinyú) oleh Xu Guangqi. [1]

Fitur-fitur menarik[sunting | sunting sumber]

Bintang-bintang[sunting | sunting sumber]

Benda langit dalam[sunting | sunting sumber]

Karena Dorado berisi sebagian besar dari Awan Magelanis Besar, ia berisi banyak benda langit dalam. Semua koordinat disini diberikan untuk Epoch J2000.0.

Dorado sebagai nama[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Link-link eksternal[sunting | sunting sumber]