Doplang, Adipala, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Doplang
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Cilacap
Kecamatan Adipala
Kodepos 53271
Luas 6 km²
Jumlah penduduk +- 3000 Orang
Kepadatan -

Doplang adalah desa di kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Doplang adalah bagian desa yang berada di Kec. Adipala - Kab. Cilacap. Mayoritas penduduk berpenghasilan dari ladang pertanian, buruh dan PNS. Doplang dilalui oleh jalan Kabupateng yang menhubungkan dari Kec. Adipala, Kec. kroya, Kec. Nusa Wungu. Pola hidup yang sebaigan masyarakatnya adalah kaum marginal, yang mengandalakan dari pertanian dan perdagangan serta sebagian menjadi pekerja baik di Kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta atau yang paling diminati adalah menjadi TKI/TKW. Untuk TKW sebaian besar yang paling diminati adalah Timur Tengah (Arab, Qatar dll), sedangkan untuk TKI yang paling diminati adalah Taiwan, Hongkong, Jepang, Korea dll. Sebaian besar mereka menyumbangkan remiten kepada desanya cukup besar. Pendapatan yang mereka terima untuk menjadi TKI/TKW setelah dikurs-kan dengan Rupiah berkisah antara Rp. 2.500.000,- s/d Rp. 15.000.000,- perbulan, namun demikian sebelum mereka berangkat ke negara tujuan untuk mengadu nasib, mereka diwajibkan membayar uang kepada Agent sebesar Rp. 10.000.000,- s.d. Rp 30.000.000,- uang ini dijadikan jaminan selama merekan tinggal di tempat penampungan atau selama mereka bekerja di negera tujuan, dan setelah selesai kontrak uang ini sebenarnya bisa diminta kembali, akan tetapi sebagian pekerja banyak yang enggan untuk meminta uang jaminan mereka setelah selesai kontrak. Desa Doplang juga memiliki sarana pendidikan/Sekolah, disini ada 4 sekolah Dasar Negeri, 1 Madrasah setingkat SLTP dan 1 Sekolah Menegah Umum Negeri. Kebiasaan Masyarakat setelah menampatkan SD-nya sebagian besar melanjutkan ke SLTP-nya di wilayah Kec. Adipala, Kroya dan Maos. Jenjang pendidikan Sarjana juga banyak diraih oleh masyarakat Doplang baik D3 ataupun yang S1 bahkan S2. Sehingga secara umum masyarakat Doplang banyak kaum pemikir/intelek.

Jaringan komunikasi kable serat optik juga sudah dilewatkan ke Doplang walaupun belum di breakdown dan belum bisa dimanfaatkan. Untuk Komunikasi jaringan Sattelite di Doplang sudah cukup memadai baik GSM ataupun GPRS, sehingga masyarakat yang mempunyai penghasilan lebih bisa menikmati Internet dari rumah mereka sendiri.

Hasil pertambangan untuk Doplang pernah ada suatu Perusahaan Seismic melakukan pengeboran minyak dan gas tahun 1998, namun sampai saat ini belum ada realisasinya apakah daerah ini realistis untuk dilakukan Explorasi dan Produksi.