Donomulyo, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Donomulyo
Kecamatan
Peta Lokasi Kecamatan Donomulyo
Peta lokasi Kecamatan Donomulyo
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Malang
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km2
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km2
Desa/kelurahan 10 desa

Donomulyo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di sebelah selatan kota Malang ± 48 Km dari kota Malang, kecamatan ini dengan daerah geografis pegunungan, lembah dan perbukitan dan diakhiri oleh pantai laut Selatan (di sebelah selatan). Sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Kalipare sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Pagak dan sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Wates Kabupaten Blitar.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduknya adalah petani musiman (petani padi, tebu, jagung, kelapa, ketela pohon, kedelai). Sebagian diataranya menjadi pegawai negeri, pedagang dan nelayan. Tidak sedikit pula diantaranya yang menjadi TKI ke Luar Negeri (Hongkong, Taiwan, Singapura dan Korea).

Daftar desa / kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Tulungrejo dengan kode pos 65167
  2. Banjarejo dengan kode pos 65167
  3. Kedungsalam dengan kode pos 65167
  4. Tlogosari dengan kode pos 65167
  5. Tempursari dengan kode pos 65167
  6. Mentaraman dengan kode pos 65167
  7. Donomulyo dengan kode pos 65167
  8. Purworejo dengan kode pos 65167
  9. Sumberoto dengan kode pos 65167
  10. Purwodadi dengan kode pos 65167

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Di antara tempat wisata yang berada di kecamatan ini adalah pantai, yaitu :

  • Pantai Jonggring Saloka.
Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka terletak di desa Mentaraman. Ada dua tempat yang menjadi daya tarik di Jonggring Saloka, yakni "Ngebros" adalah suatu tempat yang terdapat karang yang terdapat lubang besar, yang mana ketika ombak besar menghantamnya akan terjadi semburan air laut yang tinggi ke angkasa, kemudian "Pantai Pasir Hitam", dipantai ini anda akan melihat hamparan pasir disepanjang pantai yang berwarna hitam pekat dan pasirnya halus lembut. Pada awal dibukanya pantai Jonggring Saloka, terdapat upacara labuhan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Muharam sore atau malam bulan purnama (15 Suro). Acara berupa larung sesaji ke laut.

  • Pantai Ngliyep.
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep terletak di desa Kedungsalam. Di pantai Ngliyep sudah terdapat penginapan yang bisa dipakai dan harganya terjangkau. Pantai ini dapat ditempuh dari kota Malang melewati Kepanjen (Bendungan Sengguruh), Pagak, Ngliyep. Bisa juga dari arah Blitar lewat Karangkates (Bendungan Sutami), Kalipare, Donomulyo, Ngliyep. Di pantai Ngliyep terdapat beberapa tempat yang menjadi daya tarik pantai ini, antara lain :

  1. Goa Ular.
  2. Gunung Kumbang. Adalah tempat ritual mistis untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Laut Selatan, dengan melakukan ritual di tempat ini, banyak yang berkeyakinan untuk mencari pesugihan.
  3. Bukit Cinta Kasih. Bukit Cinta Kasih diyakini apabila pasangan muda mudi bermain disini akan menjadi berpacaran dikemudian hari.
  4. Upacara labuhan di pantai Ngliyep dilaksanakan bersamaan dengan Mauludan, yaitu pada tanggal 14 Maulud sore atau malam bulan purnama. Acara berupa larung sesaji ke laut dan lain-lain.
  • Pantai Modangan.
Pantai Modangan

Pantai Modangan terletak di desa Sumberoto Terdapat perbukitan yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih Korps "BRIMOB".

  • Pantai Nglurung.
Pantai Nglurung

Pantai Nglurung terletak di desa Kedungsalam. Letaknya bersebelahan dengan pantai Ngliyep. Pantai Nglurung adalah tempat penangkapan ikan laut yang kemudian dikirim ke luar Kabupaten Malang.

Sangat disayangkan, pantai Nglurung dan pantai Modangan belum mempunyai akses jalan yang memadai. Sehingga belum bisa dijadikan tempat wisata yang nyaman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]