Donokerto, Turi, Sleman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Donokerto
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kecamatan Turi
Luas 7.41 km2
Jumlah penduduk 9.201 Jiwa, 2.194 KK
Kepadatan -

Donokerto adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pada mulanya Desa Donokerto merupakan wilayah yang terdiri dari 4 (empat) Kelurahan yakni : Kelurahan Kenarum, Karanganyar, Dukuh dan Kembangarum. Berdasarkan maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kelurahan, maka Kelurahan-Kelurahan tersebut kemudian digabung menjadi satu Desa otonom dengan nama Desa Donokerto. Donokerto kemudian secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-Daerah Kelurahan.

Desa Wisata Alam: Kembang Arum[sunting | sunting sumber]

Desa Wisata Kembang Arum merupakan lokasi wisata alam pedesaan yang tampak asri alami dengan masyarakatnya penuh keramahan. Di desa itu memiliki fasilitas wisata yang diharapkan menjadi daya tarik wisatawan seperti wisata air, wisata pemukiman, 'lava tour' Merapi, studio alam, outbond, maupun wisata aeromodelling. Desa ini meraih prestasri Juara I Lomba Desa Sisata Se-Kabupaten Sleman Tahun 2008. Lokasi desa ini juga merupakan lokasi yang indah untuk pengambilan gambar foto maupun film tentang alam.

Selain pesona alam, pengelola wisata desa Kembang Arum juga menyajikan paket-paket dengan meramu berbagai unsur budaya agraris Jawa di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, kuliner, dan kesenian. Pengunjung akan diajari menumbuk padi memakai lesung, membajak sawah dengan kerbau, memainkan musik Kuda Lumping, menanam hingga memanen padi, salak pondoh dan sebagainya.

Bahkan pengunjung yang ingin belajar mendalang berbagai jenis wayang pun ada fasilitasnya. Aneka permainan juga tersedia. Misalnya bakiak, egrang, panahan, sepak bola lumpur, sepak bola tikus dan sebagainya. Yang hobi mancing juga bisa mengail belut, kepiting, nila, dan tombro. Di dangau sawah pun anak-anak bisa melukis dengan berbagai macam media.

Lurah Desa :[sunting | sunting sumber]

  • Radyo Sedewo
  • Agus Slamet (Plt)
  • Yohanes Budi Mulyono
  • Waluyo jati, ST

Kode Pos :[sunting | sunting sumber]

55551

Padukuhan di Donokerto[sunting | sunting sumber]

No Nama Padukuhan Nama Dukuh Nama Kampung & Perumahan
1 Surodadi - Surodadi
2 Karanganyar - Karanganyar
3 Randusongo Murwanto Randusongo
4 Gabungan - Gabungan
5 Dukuh - Dukuh
6 Donoasih - Donoasih, Angin-Angin
7 Gondang - Gondang
8 Jomboran Sumarjo Jomboran
9 Kenaruhan Bambang Suprasetyo - Kenaruhan
10 Gading Kulon - Gading Kulon
11 Gading Wetan - Gading Wetan
12 Klegung subadi - Klegung
13 Turi Sarjiyono - Turi
14 Ngemplak - Ngemplak
15 Balong - Balong
16 Bandaran Sukarjo Bandaran