Donkey Kong (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Donkey kong)
Donkey Kong.

Donkey Kong (ドンキーコング, Donkī Kongu) adalah sebuah permainan arkade yang diproduksi oleh Nintendo, dan dirilis pada tahun 1981. Permainan ini adalah salah satu contoh permainan bergulir pertama, karena permainannya fokus untuk menggerakan sang tokoh utama untuk melewati halangan dan menghindarinya. Cerita utama dari permainan sangat singkat namun cukup baik pada saat itu, Jumpman (sekarang dikenal sebagai Mario) harus menyelamatkan Lady (sekarang dikenal sebagai Pauline), dari kera raksasa bernama Donkey Kong. Sang pahlawan dan kera telah menjadi salah satu maskot Nintendo yang paling terkenal.

Permainan ini dibuat oleh Nintendo untuk memasuki bisnis permainan video di Amerika Utara. Hiroshi Yamauchi, Presiden Nintendo saat itu, memberikan proyek itu kepada pendesain permainan video bernama Shigeru Miyamoto. Miyamoto berusaha mencari inspirasi dari permainan lain, seperti Popeye dan King Kong, Miyamoto membentuk skenario dan mendesain permainan tersebut bersama dengan Gunpei Yokoi.

Donkey Kong merupakan sukses besar di Amerika Utara dan Jepang. Nintendo melisensikan permainan tersebut kepada Coleco, yang membuat beberapa permainan Donkey Kong pada konsol permainan video rumahan. Sampai-sampai perusahaan lain mengkloning permainan tersebut dan menghindari royalti. Donkey Kong akhirnya muncul pada kotak sereal, kartun televisi, dan lain-lain. Namun muncul sebuah gugatan yang di layang kan oleh Universal City Studios, mengatakan bahwa Donkey Kong melanggar merek dagang King Kong, tetapi gugatan tersebut gagal. Kesuksesan Donkey Kong dan kemenangan Nintendo di pengadilan membawa Nintendo mendominasi pasar permainan video pada 1980-an dan awal 1990-an.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]