Son Dong-woon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dong Woon)
Son Dong Woon
Informasi latar belakang
Lahir6 Juni 1991 (umur 32)
Seoul, Korea Selatan
GenreR&B, pop, hip-hop
Pekerjaanpenyanyi, penari
InstrumenVokal, Piano, Biola
Tahun aktif2009–sekarang
Labelsebelumnya Cube Entertainment sekarang Around Us Entertainment
Artis terkaitBeast sekarang Highlight
Korean name
Hangul
손동운
Hanja
Alih AksaraSon Dong-un
McCune–ReischauerSong Tong'un

Son Dong-Woon (lahir 6 Juni 1991), dikenal dengan nama Dong Woon, adalah penyanyi dan penari Korea Selatan. Ia sebelumnya dikenal sebagai anggota boyband Beast dan sekarang bergabung di boyband Highlight bersama sisa member Beast lainnya pasca bubarnya Beast.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Son Dong-woon lahir di Seoul, Korea Selatan pada 6 Juni 1991. Ayah Dongwoon, Son Il-rak adalah profesor di Universitas Cheongju. Dong Woon dinyatakan dalam sebuah wawancara dan di acara KBS Win Win bahwa ia belajar di Santa Rosa, Laguna, Philipina. Dong Woon adalah seorang peserta pelatihan dari JYP Entertainment selama 2 tahun, dan adalah anggota terakhir yang memilih untuk bergabung BEAST. Dia adalah maknae di Beast.

Dong Woon dikenal karena lebih terlihat Western-nya dibandingkan dengan anggota lain. Dia juga memiliki berbagai bakat seperti berbicara bahasa Inggris dan China serta memainkan seruling listrik.

Dong Woon lulu dari High School Hanyoung dan saat ini ia lulus dari Universitas Konkuk jurusan gambar dan film.

Pada 27 Juni 2023, Son Dong Woon mengumumkan pernikahannya dengan kekasih non-selebritis. Mereka akan menggelar pernikahan pada bulan September 2023.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Beast[sunting | sunting sumber]

Beast (비스트 bergaya sebagai BEAST atau B2ST) adalah boyband dengan 6 anggota di bawah Cube Entertainment. Aslinya tertulis B2ST, akronim untuk Boys 2 Search the Top. Namun, diganti menjadi BEAST (Boys of East Asia Standing Tall). Mereka merilis album mini pertama, Beast Is the B2ST pada 14 Oktober 2009 dan tampil di KBS Music Bank dua hari berikutnya.

Karier Solo[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2010, Dong Woon merilis album single digital berjudul "Udon" bersama dengan Davichi Kang Min Kyung. Setelah dirilis, lagu tersebut dengan cepat naik ke puncak chart musik, membawa popularitas besar dan diharapkan untuk memulai tren lain.[2] Namun, dikatakan oleh komposer dari 'Udon', bahwa judul lagu tersebut dalam bahasa Jepang, maka 3 utama penyiaran jaringan menegaskan bahwa mereka tidak akan menunjukkan di televisi[3]

Pada April 2012, Dong Woon merilis “In the Cloud” untuk Shinsadong Tiger 'Supermarket_another Half. Dengan tempo sedang balada baru, Dong Woon menunjukkan para penggemar apa yang dapat membawa ke meja sebagai solois, bernyanyi kegembiraan seorang pria yang tak berdaya jatuh cinta. Track pop=style membawa keluar suara klasik elektronik Shinsadong Tiger, dan garis melodi berulang trendi pasti untuk menangkap para penggemar hanya dengan satu kali mendengarkan. [4]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Tipe Peran
2009 MTV B2ST Dokumenter TV (MTV) Dirinya Sendiri
2010 MTV Beast Almighty Acara TV (MTV) Dirinya Sendiri
Idol Maid Acara TV (MBC) Dirinya Sendiri
SHIN PD Variety Show Acara TV (SBS) Dirinya Sendiri
2011 Exciting Cube TV Acara TV (MNET Japan) Dirinya Sendiri
2012 Win Win Acara TV (KBS2) Dirinya Sendiri
2015 Weekly Idol MBC Every1 Tamu bersama Beast, Ep. 209

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://m.joynews24.com/v/1606964
  2. ^ (Korea)"Will 'Udon' Surpass the Popularity of 'Naengmyun'?". Newsen. 2010-12-18. Diakses tanggal 2010-12-18. 
  3. ^ (Korea)"Kang Minkyung and Son Dongwoon's song 'Udon' won't be heard on the main stream media networks". Star News. 2010-12-10. Diakses tanggal 2010-12-22. 
  4. ^ (Korea)"B2ST's Dongwoon releases "In the Cloud" for Shinsadong Tiger's 'Supermarket_another Half'". Star News. 2012-04-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-15. Diakses tanggal 2012-05-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]