Dondang, Muara Jawa, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dondang
Kelurahan
Kantor kelurahan Dondang
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Timur
Kabupaten Kutai Kartanegara
Kecamatan Muara Jawa
Luas ... km²
Penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Dondang adalah salah satu kelurahan di kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayah kelurahan Dondang adalah sebagai berikut:

Utara Kelurahan Muara Kembang dan Tamapole
Selatan Kelurahan Muara Jawa Ulu
Barat Kecamatan Loa Janan
Timur Kelurahan Muara Kembang dan Tamapole

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

  • Kolam air panas

Menuju sumber air panas tidak terlalu sulit. Dari Handil 2 ikuti saja jalan poros menuju Sangasanga. Satu kilometer setelah melewati Jembatan Dondang akan menemukan tikungan kiri yang tajam. Namun tidak mengikuti tikungan tersebut melainkan berbelok ke kanan. Ada papan bertuliskan ‘Jalan Masuk Air Panas’.

Jalanannya belum beraspal. Berupa tanah dan bercampur batu. Sekitar 200 meter kemudian sampai pada persimpangan jalan perusahaan milik VICO-Indonesia. Pengunjung hanya perlu lurus saja menuju ke arah site PT Bourbon Logistics. Tidak perlu ke dalam, sebab lokasinya dekat dengan portal perusahaan tersebut.

Sekali masuk pengunjung dikenakan tarif Rp 2.000. Di sini bisa melihat taman yang cukup luas dengan pepohonan yang rindang. Juga ada gazebo maupun ayunan untuk bersantai. Pengunjung saat ini memang tidak sebanyak ketika sumber air panas ini booming pertama kali.

Kolam air panas ini berada di tengah taman. Dilindungi pagar kayu. Siapa saja bisa masuk. Pagi hari, sumber air ini mengeluarkan uap yang cukup banyak. Jika siang hanya terlihat gelembung-gelembung seperti air yang dimasak dalam kuali. Bila dirasakan panasnya diperkirakan di atas 60 derajat celcius. Baunya tidak terlalu menyengat dan disebut minim kandungan belerang.[1]

Jembatan ini menghubungkan antara kelurahan Dondang dengan kawasan Handil 2 dan melintasi Sungai Dondang. Jembatan ini diresmikan tahun 2004 oleh gubernur Kaltim saat itu, Suwarna Abdul Fatah.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]