Domestikasi kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kuda Heck Horse yang dipercaya berkerabat dekat secara fonetipe dengan kuda liar pada masa awal domestikasi.

Ada banyak hipotesis mengenai sejumlah isu-isu penting tentang dometikasi kuda. Meskipun kuda muncul dalam seni gua Paleolitikum pada 30.000 SM, kuda-kuda tersebut adalah kuda liar dan kemungkinan diburu untuk dimakan. Bagaimana dan kapan kuda mulai didomestikasi masih diperdebatkan. Bukti paling jelas mengenai awal penggunaan kuda sebagai kendaraan berasal dari pemakaman kereta perang bertahun sekitar 2000 SM. namun, ada peningkatan jumlah bukti yang mendukung hipotesis bahwa kuda didomestikasi di stepa Eurasia (Dereivka yang berpusat di Ukraina) sekitar 4000-3500 SM.[1][2][3] Penemuan terbaru pada budaya Botai mengindikasikan bahwa pemukiman budaya Botai di Provinsi Aqmola di Kazakhstan adalah tempat bermulanya domestikasi kuda.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matossian Shaping World History p. 43
  2. ^ "What We Theorize – When and Where Did Domestication Occur". International Museum of the Horse. Diakses 2010-12-12. 
  3. ^ "Horsey-aeology, Binary Black Holes, Tracking Red Tides, Fish Re-evolution, Walk Like a Man, Fact or Fiction". Quirks and Quarks Podcast with Bob Macdonald (CBC Radio). 2009-03-07. Diakses 2010-09-18. 
  4. ^ "The Earliest Horse Harnessing and Milking". Diakses 2010-12-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]