Dodie Smith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dorothy Gladys Smith biasanya dikenal sebagai Dodie Smith adalah penulis buku anak-anak dan sandiwara asal Inggris yang lahir pada 1896. Dia terkenal karena menulis The Hundred and One Dalmatians dan I Capture the Castle, keduanya diadaptasi menjadi film yang terkenal. Smith awalnya tak berniat menjadi penulis. Dia awalnya menyukai akting tetapi, dia pernah mengatakan,"Hanya saja saya tidak terlalu bagus."

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Smith lahir pada 3 Mei 1896 di Whitefield, UK. Saat dia berumur delapan belas tahun, ayahnya meninggal, jadi setelah itu ia dan ibunya tinggal bersama keluarganya (neneknya, tiga paman dan dua bibi) dalam sebuah rumah tua dengan kebun yang mengarah ke Manchester Ship Canal. Ibu dan neneknya adalah penulis dan penggubah. Hampir semua orang di rumah ini bernyanyi dan memainkan sebuah alat musik (seperti piano, biola, mandolin, gitar dan banyo) dan salah seorang pamannya adalah aktor yang hebat walau bukan profesional, pamannya ini selalu berlatih bersama Smith di sana untuk memberinya cues. Di umur sembilan tahun, Smith telah menulis sandiwara empat puluh halaman.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Bahkan saat ibunya mengatakan kalau sandiwara pertamanya bodoh dan membosankan, dia tidak berhenti mencoba untuk jadi sukses. Segera dia menjadi aktris cilik untuk banyak teater setelah belajar di Royal Academy of Art London. Selama Perang Dunia I, Smithe pergi ke Prancis untuk membantu menghibur prajurit di sana dan juga muncul dalam pertunjukkan Pigeon karya John Galsworthy. Pada tahun 1923, aktris ini meninggalkan dunia teater untuk membeli Heal and Son, sebuah perusahaan meubel di mana ia tinggal untuk delapan tahun selanjutnya. Ia menulis untuk pentas di bioskop di waktu senggangnya. Smith saat pertama kali mendapat pengakuan sebagai seorang penulis sandiwara, ia menggunakan nama C. L. Anthony sampai 1935. Di 1931, Smith menjual sandiwara Autumn Crocus-nya ke salah satu sutradara pentas lamanya. Walaupun dia telah menulis sebuah naskah dan sebuah permainan pentas sebelumnya, Autumn Crocus terbukti menjadi karya yang mengubah dunia kariernya. Call It a Day adalah tulisan sandiwara pertama Smith yang menggunakan namanya sendiri yang juga terbukti menjadi karyanya paling berhasil secara finansial. Sandiwaranya, biasanya adalah komedi ringan tentang kehidupan orang kelas menengah menerima banyak pujian dan juga kritikan. "The ability to recreate detail, to capture the nuances of everyday conversation, to recognize humor in the trivialities of middle-class life marks the dramas of Dodie Smith," tulis Marha Hadsel. "Her critics sometimes found fault with what they considered her superficiality, but most admitted that her plays provided enjoyable entertainment." Hadsel mengatakan Smith menjadi "one of the few successful women dramatists in England and America during the first half of the twentieth century."

Karya Dodie Smith[sunting | sunting sumber]

  • Buku anak-anak:
  1. The Hundred and One Dalmatians, 1956.
  2. The Starlight Barking, 1968.
  3. The Midnight Kittens, 1978.
  • Sandiwara:
  1. Call It a Day, 1937.
  2. Bonnet over the Windmill, 1937.
  3. (dan asisten sutradara) Dear Octopus, 1939.
  4. Autumn Crocus, Service, dan Touch Wood, 1939.
  5. Lovers and Friends, 1944.
  6. Letter from Paris, 1954.
  7. I Capture the Castle, 1948.
  8. These People, Those Books, 1958.
  9. Amateur Means Lover, 1962.

Novel:

  1. I Capture the Castle, 1999.
  2. The New Moon with the Old, 1963.
  3. The Town in Bloom, 1965.
  4. It Ends with Revelations, 1967.
  5. A Tale of Two Families, 1970.
  6. The Girl from the Candle-lit Bath, 1978.

Autobiografi:

  1. Look Back with Love: A Manchester Childhood, 1974.
  2. Look Back with Mixed Feelings, 1978.
  3. Look Back with Astonishment, 1979.
  4. Look Back with Gratitude, 1985.

Screenplay:

  1. (Bersama Frank Partos) The Uninvited (diadaptasi dari novel karya Dorothy Macardle), Paramount, 1944.
  2. (Bersama Lesser Samuels) Darling, How Could You! (diadaptasi dari Alice-Sit-by-the-Fire oleh James M. Barrie), Paramount, 1951.
  3. Juga penulis dari screenplay "Schoolgirl Rebels" (dengan nama samaran Charles Henry Percy), 1915.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • "Dodie Smith." Almanac of Famous People. Gale, 2011. Biography in Context. Web. 23 Mar. 2015.
  • "Dodie Smith." Authors and Artists for Young Adults. Vol. 68. Detroit: Gale, 2006. Biography in Context. Web. 23 Mar. 2015.
  • "OBITUARY Dodie Smith Author's story featured in Walt Disney feature." Globe & Mail [Toronto, Canada] 28 Nov. 1990: D8. Biography in Context. Web. 23 Mar. 2015.