Diva (lagu Beyoncé)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Diva"
Singel oleh Beyoncé Knowles
dari album I Am... Sasha Fierce
FormatDigital download, CD single
Direkam2007-2008
GenreR&B, Hip hop
Durasi3:20
LabelColumbia
PenciptaKnowles, Bangladesh, Sean Garrett
ProduserBangladesh, Sean Garrett, Beyoncé Knowles

"Diva" adalah lagu R&B/hip hop oleh penyanyi R&B Amerika Serikat, Beyoncé Knowles, yang direkam untuk studio album ketiganya, I Am... Sasha Fierce. Lagu ini ditulis oleh Beyoncé Knowles, Bangladesh dan Sean Garrett. "Diva" akan dirilis sebagai singel pada awal Februari 2009. Ini karena keeksisan lagu Beyoncé yang lain "Single Ladies (Put a Ring on It)", maka terjadi penundaan perilisan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

"Diva" sebenarnya tidak akan dirilis sebagai singel keempat (kedua dari CD Sasha Fierce) dari album, melainkan lagu "Ego". Karena ketertarikan orang-orang pada "Diva", akhirnya pada detik terakhir, "Diva" dirilis sebagai singel keempat dari album I Am... Sasha Fierce.

Banyaknya kesamaan pada lagu "A Milli" oleh rapper Lil Wayne karena diproduseri oleh produser yang sama, Bangladesh. Beyoncé pun juga telah mengatakan bahwa "Diva" adalah versi perempuan dari "A Milli" yang ditulis secara tidak sadar.

Musik video[sunting | sunting sumber]

Musik video untuk "Diva" disutradarai oleh Melina Matsoukas, yang telah menyutradarai beberapa musik video Beyoncé. Musik video "Diva" diedit dalam hitam-putih. Pertama kali ditampilkan pada tanggal 23 Desember 2008 di iTunes bersama musik video "Halo"

Musik video "Diva" dimulai dari pengartian kata "Diva" sesuai kamus. Kemudian dalam hitam-putih, terdapat tempat parkir. Di tempat parkir tersebut, terdapat mobil yang di atasnya ada mannequin. Lalu terlihat Beyoncé dengan kacamata berjalan kaki mengiringi lagu yang baru diputar. Adegan berikutnya menunjukkan Beyoncé dengan leotard dan di belakangnya terdapat 2 penari latar sambil menyanyikan lagunya. Pada adegan berikutnya, pada verse kedua, Beyoncé dengan pakaian yang lain memegang dua rantai. Kemudian di adegan selanjutnya, Beyoncé terlihat seperti berminyak, bernyanyi di sekitar patung-patung. Ketika lagunya berakhir, Beyoncé merokok dan membuang korek apinya ke mobil dan membuat mobil tersebut meledak. Pada adegan ini, lagu Beyoncé dari album yang sama, yaitu "Video Phone", dimainkan.

Format rilis[sunting | sunting sumber]

Diva The Remixes (Digital Remix EP) [1]
  1. "Diva" (Maurice Joshua Extended Mojo Remix) - 6:53
  2. "Diva" (Mr. Mig Extended Club Remix) - 7:09
  3. "Diva" (Karmatronic Club Remix) - 5:08
  4. "Diva" (DJ Escape & Tony Coluccio Club) - 6:45
  5. "Diva" (Gomi / RasJek Club Mix) - 7:27
  6. "Diva" (Redtop Club Mix) - 6:34
  7. "Diva" (Jeff Barringer Us. Fingaz Extended Remix) - 7:33

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Beberapa bulan sebelum dirilis, "Diva" menempati posisi 5 pada U.S. Billboard Bubbling Under Hot 100, yang berarti nomor 105 pada Hot 100. Tanggal 24 Desember 2008, beberapa hari setelah videonya dirilis, "Diva" muncul pada Hot 100 di nomor 96, dan telah menempati posisi ke 20. "Diva" juga telah memasuki posisi 10 besar pada Billboard Hot R&B/Hip-Hop Songs, menempati posisi ke 3.

Tangga Lagu (2009) Posisi tertinggi
Turkey Top 20 Chart 16
U.S. Billboard Hot 100 20
U.S. Billboard Hot R&B/Hip-Hop Songs 3
U.S. Billboard Pop 100 44
U.S. Billboard Mainstream R&B/Hip-Hop Songs 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.masterbeat.com/#release/bdiva Diva The Remixes (Digital Remix EP)