Disturbed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Disturbed
Disturbed live 2009.jpg
Band Disturbed
Latar belakang
Asal Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Genre Alternative metal, hard rock, nu metal, heavy metal
Tahun aktif 1996 – Sekarang
Label Giant / Warner Bros.
Reprise / Warner Bros.
Situs web www.disturbed1.com
Anggota David Draiman
Dan Donegan
John Moyer
Mike Wengren
Mantan anggota Steve "Fuzz" Kmak

Disturbed merupakan sebuah grup musik metal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1996. Anggotanya berjumlah 4 orang, yaitu David Draiman, Dan Donegan, John Moyer, dan Mike Wengren. Sejak band ini diluncurkan, album mereka telah terjual sebanyak 11 juta kopi di seluruh dunia. Menjadikan mereka sebagai salah satu band heavy metal tersukses abad ini.


Sejarah[sunting | sunting sumber]


Tahun-tahun pertama pembentukan (1994 - 1996)[sunting | sunting sumber]

Sebelum vokalis David Draidman bergabung dengan Disturbed, lebih dulu tiga personel mempunyai band yang bernama Brawl dengan formasi awal, vokalis pada Awalt Erich, gitaris pada Dan Donegan, drummer pada Mike Wengren, dan bassis pada Steve "Fuzz" Kmak. Awalt meninggalkan band setelah rekaman tape kaset. Ketiga personel tersisa mencari vokalis melalui audisi yang ditampilkan di iklan melalui Publikasi Musik Lokal di Chicago yang bernama "Illinois Entertainer". Draidman megikuti audisi itu. Draidman akhirnya terpilih dengan pujian dari tiga personel brawl tersebut. Draidman bergabung ke Brawl pada tahun 1996, dan setelah itu Brawl diganti menjadi Disturbed. Di mana nama Disturbed ini berasal dari sugesti Draidman untuk mengubah nama band Brawl sewaktu audisi.

The Sickness (1998 - 2000)[sunting | sunting sumber]

Setelah berubah nama, Disturbed mulai melakukan rekam album demo dan melakukan konser-konser live. Band ini akhirnya menandatangani kontrak dengan Giant Records. Pada tahun 2000, band ini merilis album debutnya, berjudul The Sickness, yang diluncurkan di stardom. Album ini mencapai sempat menempati urutan nomor dua puluh sembilan pada Billboard 200 dan album ini juga telah terjual lebih dari empat juta kopi di Amerika Serikat sejak dirilis. Sebelum bergabung dengan tur Eropa Marilyn Manson pada tahun 2001, bassis Steve Kmak tidak bisa ikut dengan band karena cedera pergelangan kaki, yang disebabkan oleh jatuh dari tangga darurat di luar aula latihan Disturbed di Chicago. Ia mengambil tangga darurat untuk keluar dari gedung, sementara lift itu digunakan untuk memindahkan peralatan mereka di bawah. Setelah operasi dilakukan, dokter menganjurkan Kmak untuk melewatkan tur itu agar menghindari cedera lebih parah pada kakinya. Tapi ia sempat tampil bersama bandnya pada tanggal 11 dan 12 Januari 2001 pada pertunjukan Disturbed di Chicago. Selama tur Eropa, Marty O'Brien menggantikan Kmak sampai ia sembuh dan mampu mengikuti tur.

Believe (2001 - 2003)[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2001, diumumkan bahwa band telah merilis lagu "Midlife Crisis" untuk Album tribut "Faith No More", sayangnya lagu beserta album ini tidak diluncurkan. Pada tanggal 4 juni 2002, Disturbed merilis DVD film dokumenter tentang band, berjudul M.O.L, yang menunjukkan beberapa aktifitas personal anggota band saat di studio dan selama tur, serta menampilkan beberapa video musik dan konser. Pada tanggal 17 September 2002, Disturbed merilis album kedua mereka, berjudul "Believe", yang menjadi debut nomor satu di Billboard 200. Video musik untuk singel pertama dari album yang berjudul "Prayer", dibeli sebagian besar stasiun televisi. Rilisnya video musik ini bersamaan serangan 11 September 2001 yang terjadi di New York. David Draiman merekam vokal untuk sebuah lagu berjudul "Forsaken", sebuah lagu yang ditulis dan diproduksi oleh Jonathan Davis dari band Korn, dan dirilis di Queen of the Damned.

Pada tahun 2003, band ini sekali lagi berpartisipasi dalam tur Ozzfest dan memulai lagi tur mereka sendiri, yang berjudul Music as a Weapon II. Band-band Chevelle, Taproot, dan Unloco ikut bersama dalam tur mereka. Selama tur, Disturbed mengeluarkan lagu debutan yang belum pernah dirilis, yang berjudul "Dehumanized". Setelah Disturbed menyelesaikan tur Music as a Weapon II, Steve Kmak dipecat oleh band karena "perbedaan kepribadian". Ia digantikan oleh John Moyer, yang menjadi pemain bas sampai saat sekarang ini. Pada malam ketika Moyer telah menjadi pemain bas baru band, Disturbed bermain langsung di "House of Blues" dan menampilkan dua lagu baru, "Hell" dan "Monster", yang keduanya adalah sisi trek B pada album ketiga band, "Ten Thousand Fists".

Ten Thousand Fists (2004 - 2006)[sunting | sunting sumber]

Album ketiga Disturbed. Ten Thousand Fists, dirilis pada tanggal 20 September 2005. Debut album ini langsung masuk di nomor satu Billboard 200, yang pada saat itu juga terjual sekitar 238.000 kopi seminggu setelah rilis. Album ini meraih platinum, terjual 1.000.000 unit, di Amerika Serikat pada tanggal 5 Januari 2006. "10 years" dan "Ill Niño" ikut tur band untuk mendukung album Disturbed. Distubed masuk headline Ozzfest 2006 bersama dengan Ozzy Osbourne, System of a Down, Lacuna Coil, DragonForce, Avenged Sevenfold, dan Hatebreed.

Dalam wawancara dengan Launch Radio Networks, vokalis Disturbed David Draiman menyatakan bahwa ada dua puluh lagu yang dimasukkan ke dalam album tersebut, tetapi hanya empat belas yang dimasukkan ke dalam daftar lagu album ini. Sisanya, lagu-lagu termasuk "Hell" serta dua single "Stricken" dan "Monster", dimasukkan sebagai bonus pre-order iTunes untuk Ten Thousand Fists, lalu kemudian lagu-lagu tersebut dimasukkan ke dalam dalam Edisi Tur Ten Thousand Fists; "Two Worlds", lagu yang juga dimasukkan dalam Edisi Album Tur Ten Thousand Fists antara lain "Sickened", serta termasuk juga lagu singel "Land of Confusion".

Pada tahun 2006, sebuah tur Eropa sudah dijadwalkan dijadwalkan, akan tetapi ditunda dua kali karena Draiman memiliki masalah dengan refluks asam akut, yang memengaruhi suaranya. Reflux asam ini diakibatkan karna sang vokalis gemar meminum minuman beralkohol. Kemudian pada tahun itu, Draiman menjalani operasi untuk menyimpan septum yang memengaruhi suaranya. Operasi berhasil, dan sejak itu Draiman telah membatasi minum alkohol dalam hidupnya.

Draiman juga terlibat dalam kontroversi musik "file sharing". Draiman berbicara secara terbuka menentang gugatan RIAA's individual file sharing, walaupun perusahaan rekaman-nya adalah anggota RIAA.

Pada akhir tahun 2006, Disturbed memulai lagi tur mereka yang bernama Music as a Weapon III; Flyleaf band, Stone Sour, dan Marilyn Manson ikut serta dalam tur mereka. Disturbed menyelesaikan tahap pertama tur Music as a Weapon III pada akhir 2006. Segera setelah itu, Draiman menyatakan bahwa tidak akan ada tahap kedua tur ini, serta band ini mengungkapkan akan menyepi untuk mulai mengerjakan album mereka yang keempat di studio.

Indestructible dan Peristiwa Terakhir (2007 - Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2007, lagu baru berjudul "This Moment" dirilis untuk soundtrack pada film Transformers. Pada akhir tahun 2007 juga, Disturbed melakukan mix pada album keempat mereka, yang berjudul Indestructible di California. Dalam sebuah wawancara sebelumnya, David Draiman mengatakan bahwa mereka telah merekam lima belas lagu, tapi hanya dua belas akan dimasukkan ke dalam album. Pada tanggal 6 Maret 2008, band ini merilis 30 rekaman sampel kedua versi baru yang direkam ulang dari lagu "Perfect Insanity" di profil MySpace mereka. Pada bulan Maret 2008, lagu itu dibuat lengkap dan tersedia untuk diunduh pada situs web band. Band ini juga bermain live di Kuwait selama acara Spesial MySpace Operation.

Single pertama Indestructible, "Inside the Fire" disediakan melalui pelayanan distribusi digital pada tanggal 25 Maret 2008. Band ini juga melakukan tur di Amerika Serikat pada bulan April dan Mei 2008 dengan band-band Five Finger Death Punch dan Art of Dying. Video musik "Inside the Fire" dirilis pada 2 Mei 2008 di website resmi band ini. Indestructible sebelumnya merilis lagu gratis "Perfect Insanity" di iTunes Store sebagai single kedua pada 6 Mei 2008, dan album Indestructible dirilis dipasaran untuk pre-order pada tanggal 3 Juni 2008.

Pada tanggal 13 Mei 2008, Harmonix, para pengembang video game Rock Band mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Disturbed dan Best Buy untuk menawarkan dua lagu dari Indestructible untuk dimainkan di Rock Band. Pada tanggal 3 Juni 2008, Harmonix merilis tiga lagu dari Indestructible; "Indestructible", "Inside the fire", dan "Perfect Insanity". Pada tanggal 12 Mei 2009, Harmonix telah merilis Stricken dan Stupify ke toko musik Rock Band. Disturbed memainkan Konser live online pertama pada tanggal 29 Mei 2008. Konser ini disponsori oleh Pepsi dan Deep Rock Drive. Mereka tampil di Las Vegas.

Pada tanggal 30 September 2008, band ini merilis iTunes-eksklusif sebuah album live berjudul Live & Indestructible, terdiri dari lagu-lagu dari Deep Rock Drive, serta video musik untuk "Indestructible". Band ini juga memulai tur Eropa, dimulai di London pada Oktober 2008 dan selesai pada bulan November 2008 di Helsinki. Pada bulan November dan Desember 2008, Disturbed tur di Amerika Serikat. Lagu "Inside the Fire" dinominasikan untuk Grammy Award 2009 dalam kategori "Best Hard Rock Performance". Pada bulan Maret 2009, Disturbed merilis sebuah video musik untuk single "The Night".

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]