Distrik pemilihan Albury

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kota Albury

Albury adalah sebuah distrik pemilihan Majelis Legislatif negara bagian New South Wales, Australia. Saat ini distrik pemilihan Albury dipegang oleh Justin Clancy dari Partai Liberal.[1] Albury adalah wilayah elektorat yang terletak di selatan wilayah negara bagian NSW. Distrik pemilihan Albury mencakup Kota Albury, Greater Hume Shire, sebagian dari Murrumbidge Council, dan sebagian dari Snow Valleys Council yang mencakup Cabramurra. Pusat populasi distrik yang signifikan termasuk Albury, Culcairn, Jindera, Corowa, Howlong, Holbrook, Jerilderie, dan Tumbarumba.[2]

Albury secara umum dianggap sebagai kursi jantung politik bagi Partai Liberal serta pendahulunya. Meskipun ada beberapa waktu dari Partai Buruh menang atas konservatif di kursi parlemen, hal ini sudah berlangsung lama, dan hanya terjadi pada puncak pemerintahan yang populer. Hanya ada satu pengecualian utama untuk ini: mantan wali kota Albury, Harold Mair memenangkan kursi untuk Partai Buruh pada tahun 1978 dan menahannya selama satu dekade sebelum hanyut dalam kekalahan telak Partai Buruh pada tahun 1988.

Sejak saat itu, Partai Buruh tidak pernah, bahkan mendekati, merebut kembali kursi tersebut. Kandidat Partai Buruh biasanya beruntung mendapatkan lebih dari 30 persen suara utama. Pertahanan Partai Liberal di kursi Albury hanya terancam sekali sejak saat itu, ketika Glachan mengalami ayunan 16 poin dan mengalahkan Claire Douglas yang independen dengan hanya 687 suara. Pada pemilihan itu, Partai Buruh didorong ke posisi ketiga. Kursi kembali ke tempat semula pada tahun 2003 setelah pensiunnya Glachan. Penggantinya, Greg Aplin, memenangkan 61,5 persen suara dua partai, dan Partai Buruh didorong ke posisi keempat pada suara utama di belakang Aplin dan dua calon independen. Aplin memegang kursi tanpa kesulitan serius hingga 2019 ketika dia menyerahkannya kepada sesama anggota Partai Liberal, Justin Clancy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ pastvtr.elections.nsw.gov.au https://pastvtr.elections.nsw.gov.au/SG1901/LA/albury/cc/fp_summary. Diakses tanggal 2022-06-24.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ www.elections.nsw.gov.au https://www.elections.nsw.gov.au/Elections/Find-my-electorate/Districts/Albury. Diakses tanggal 2022-06-24.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)