Distrik Margasari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Distrik Margasarie dan sekitarnya
Wilayah Distrik Margasari (warna merah) yang sekarang menjadi kecamatan Candi Laras Utara dan Candi Laras Selatan di Kabupaten Tapin.

Distrik Margasari adalah bekas distrik (kawedanan) yang pada mulanya setelah dihapuskannya Kesultanan Banjar tahun 1860 merupakan salah satu dari 5 distrik yang langsung di bawah Afdeeling Martapura, kemudian perkembangan selanjutnya Afdeeling Martapura dibagi menjadi 3 onderafdeeling. Sehingga Distrik Margasari kemudian menjadi bagian dari wilayah administratif Onderafdeeling Benua Empat dan Margasari dan tetap di bawah Afdeeling Martapura dalam pemerintahan kolonial Hindia Belanda dahulu. Distrik Margasari pernah dipimpin oleh Kepala Distrik (districhoofd) yaitu Kasido (1899).[1] Dewasa ini wilayah bekas distrik ini bersama bekas Distrik Benua Empat termasuk dalam wilayah Kabupaten Tapin. Suku Banjar yang mendiami wilayah bekas distrik ini disebut Orang Margasari.

Wilayah Distrik Margasari sekarang menjadi wilayah dari kecamatan :

  1. Candi Laras Utara (Margasari Hulu)
  2. Candi Laras Selatan (Margasari Hilir)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saleh, Idwar; SEJARAH DAERAH TEMATIS Zaman Kebangkitan Nasional (1900-1942) di Kalimantan Selatan, Depdikbud, Jakarta, 1986.