Dirty Deeds (film 2002)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dirty Deeds
SutradaraDavid Caesar
ProduserBryan Brown
Ditulis olehDavid Caesar
PemeranBryan Brown
Toni Collette
Sam Worthington
DistributorColumbia TriStar
Tanggal rilis
18 Juli 2002 (2002-07-18)
Durasi110 menit
NegaraAustralia
BahasaInggris
AnggaranA$3 juta[butuh rujukan]
Pendapatan
kotor
A$5 juta[1]

Dirty Deeds adalah sebuah film 2002 yang dibuat di Australia. Film ini disutradarai oleh David Caesar dan dibintangi Bryan Brown, Toni Collette, Sam Neill, Sam Worthington dan John Goodman.

Barry Ryan adalah seorang mafia Australia tahun 1960-an yang mengontrol perjudian di kota ini (Sydney) dan berusaha menghancurkan mesin slot kasino. Usahanya yang menguntungkan ini menarik perhatian mafia Amerika Serikat yang berusaha mengamankan sebagian tindakannya dengan mengirim dua kaki tangan mereka: Tony dan Sal. Lalu Ryan menemukan dirinya hidup melawan orang-orang Amerika bergaya pedesaan, sementara bertarung dengan istrinya yang banyak keinginan dan seorang polisi bungkuk. Dengan teknik rekaman yang jelas, komedi hitam, dan mafia yang protagonis, penulis/sutradara Caesar memilih Quentin Tarantino dan Guy Ritchie untuk memerankan kedua mafia Amerika, sementara peran lainnya diberikan pada aktor Australia.

Musik untuk film ini dibuat oleh Tim Rogers yang juga mengarang sebagian musik aslinya. You Am I memainkan sejumlah musik termasuk versi ulang lagu utama oleh AC/DC. Sejumlah seniman lain Australia berkolaborasi dengan Rogers dan You Am I dalam musik film ini.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Australian Films - 2002 Box Office Share". Screen Australia. 29 January 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-12. Diakses tanggal 2010-04-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]