Dilasi waktu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dilasi waktu adalah konsekuensi dari teori relativitas khusus dimana dua pengamat yang bergerak relatif terhadap satu sama lain akan mengamati bahwa jam pengamat lain berdetak lebih lambat dari jamnya. Peristiwa ini bukanlah akibat dari kesalahan jam atau faktor teknis lainnya, tetapi merupakan sifat dasar dari ruang-waktu yang dijelaskan dalam teori relativitas.

Kebingungan yang sering muncul dalam mempelajari efek ini adalah efek ini berlaku dua arah: jika pengamat A mengamati bahwa jam pengamat B berdetak lebih lambat karena efek ini, maka pengamat B juga akan mengamati bahwa jam pengamat A berdetak lebih lambat. Hal ini sangat berlawanan dengan intuisi: jika A mengamati jam B berdetak lebih lambat maka B akan mengamati jam A berdetak lebih cepat.

faktor Lorentz sebagai fungsi kecepatan (dalam satuan c=1)

Secara kuantitatif, jika menurut pengamat A jamnya menyatakan selang waktu sebesar \Delta t_0\,, maka selang waktu ini akan teramati oleh pengamat B sebesar \Delta t\, dengan hubungan matematis yang dapat dinyatakan dalam persamaan berikut:

\Delta t=\gamma \Delta t_0=\left({1\over\sqrt{1-{v^2\over c^2}}}\right)\Delta t_0

dimana \gamma\, adalah faktor Lorentz yang besarnya lebih dari 1 dan bergantung pada kecepatan relatif dua pengamat v\,.