DigitalGlobe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

DigitalGlobe (NYSE: DGI) adalah sebuah perusahaan swasta bermarkas di Longmont, Colorado, Amerika Serikat yang bergerak di bidang penginderaan jauh

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bermula dari perusahaan bernama Worldview Imaging Corporation yang berdiri pada Januari 1992 di Oakland, California sebagai antisipasi peraturan baru yang diberlakukan pada Oktober tahun itu bahwa perusahaan swasta boleh memasuki usaha penginderaan satelit.

Pendiri perusahaan Dr Walter Scott yang didampingi juga oleh Doug Gerull sebagai CEO pada akhir 1992. Perusahaan ini sejak 1992 telah menerima lisensi untuk usahanya pada tahun itu juga dengan tingkat resolusi gambar sampai 3 meter per titik.

Pada tahun 1995 perusahaan berubah menjadi EarthWatch Incorporated setelah menggabungkan WorldView dengan Ball Aerospace & Technologies Corp. Selanjutnya pada September 2001 EarthWatch berganti nama menjadi DigitalGlobe.

Satelit[sunting | sunting sumber]

Early Bird 1[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 24 Desember 1997 dari Kosmodrom Svobodny dengan pesawat Start-1 mempunyai kamera pankromatik dengan resolusi 3 meter dan kamera multispektral dengan resolusi 15 meter.

Quick Bird[sunting | sunting sumber]

Satelit Quickbird Diluncurkan pada tanggal 18 Oktober 2001 oleh Digital Globe, merupakan citra satelit dengan resolusi tertinggi saat ini, yaitu 0.61 meter. Satelit ini mengorbit bumi sinkron dengan matahari setinggi 450 km. Waktu revolusinya adalah 93.4 menit. Resolusi spasialnya adalah 3-7 hari, mempunyai sapuan (swath ) yang lebar, penyimpanan data onboard yang besar, dan resolusi spasial yang tertinggi dari beberapa satelit 14 komersial pada saat ini. Quickbird didisain untuk efesiensi dan keakuratan citra untuk area yang luas dengan kemampuan akurasi terdepan. Quickbird mampu memperoleh lebih dari 75 juta kilometer per segi data citra satelit tiap perekamannya.

WorldView-1[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 18 September 2007 dari lapangan udara Vandenberg menggunakan Delta II 7920-10C. Mempunyai kamera pankromatik dengan resolusi 50 sentimeter.

WorldView-2[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 8 Oktober 2009 memiliki kamera pankromatik dengan resolusi 46 sentimeter dan kamera multispektral dengan resolusi 184 sentimeter.

Pelanggan[sunting | sunting sumber]

Pelanggan DigitalGlobe bervariasi dari perencana kota sampai perusahaan-perusahaan negara Amerika Serikat termasuk NASA. Banyak gambar dengan resolusi tinggi di Google Earth dan Google Maps bersumber dari DigitalGlobe. Juga yang digunakan di TerraServer[1].

Pesaing utama DigitalGlobe adalah GeoEye[2] (semula Orbimage and Space Imaging) dan Spot Image[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

[Situs Resmi]