Diamond DA42

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Diamond DA42 Twin Star adalah pesawat ber-baling-baling empat kursi, mesin kembar, sayap rendah (low wing) yang diproduksi oleh Diamond Aircraft Industries. Badan pesawat yang dibentuk sebagian besar dari bahan komposit.

DA42 Twin Star bersertifikat di Eropa pada tahun 2004 dan di Amerika Serikat pada tahun 2005.

Pesawat terbuat dari bahan komposit karbon. Hal ini dilengkapi dengan kaca kokpit Garmin G1000.

DA42 Twin Star adalah pesawat sayap tetap yang pertama bertenaga diesel untuk membuat melintasi Atlantik Utara non stop, di 12,5 jam, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 5,74 galon per jam (2,87 galon per jam per mesin).

Pada bulan Juni 2010 sebuah DA42 didukung oleh mesin Austro AE300 menjadi pesawat pertama yang diterbangkan secara terbuka pada bahan bakar jet alga.

Pada bulan Maret 2012, DA42 sempat menjadi pembalap utama di Diamond Aircraft. CEO Perusahaan Christian Dries menunjukkan bahwa fokus pasar perusahaan telah diubah oleh resesi 2008-10 dan bahwa perusahaan kini berasal dua pertiga dari total pendapatan dari kontrak militer dan pemerintah, terutama untuk pesawat pengintai DA42 berawak dan tak berawak.

Juga Maret 2012 pesawat Diamond mengumumkan mereka mengembangkan versi fly-by-wire dari DA42, dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di pesawat ringan. Sistem ini diharapkan untuk akhirnya termasuk perlindungan penerbangan, meluruskan turbulensi dan kemampuan autoland. Sistem ini juga akan mencakup by-pass kemampuan toleran kerusakan, yang memungkinkan penerbangan dengan kontrol yang macet atau hilang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]