Para Perintis Kemerdekaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para Perintis Kemerdekaan
SutradaraAsrul Sani
ProduserTaty Widodo
Ditulis olehAsrul Sani
Hamka
PemeranMansyur Syahdan
Cok Simbara
Mutiara Sani
Rendra Karno
Camelia Malik
Arman Effendy
Soultan Saladin
Marlia Hardi
Fakhri Amrullah
Rita Zahara
Ade Irawan
Cassim Abbas
Radjul Kahfi
DistributorTaty & Sons Jaya film
Tanggal rilis
1977
Durasi115 menit
NegaraIndonesia

Para Perintis Kemerdekaan adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1977 dengan disutradarai oleh Asrul Sani. Film ini dibintangi antara lain oleh Mansyur Syahdan dan Cok Simbara.

Film ini dinominasikan sebagai film terbaik dalam Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia pada tahun 1980.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Penangkapan Haji Jalaluddin (Mansyur Syahdan) saat berkhutbah membekas di hati para pengikutnya, termasuk Hamid (Cok Simbara) dan Halimah (Mutiara Sani). Halimah adalah istri yang disia-siakan suami karena pro kepada Belanda, sedangkan Hamid adalah anak saudagar kaya. Ayahnya jatuh miskin dan meninggal setelah dicap sebagai pemberontak. Hamid dibawa ibunya ke Padang dan dibesarkan di keluarga Haji Jakfar (Rendra Karno), ayah Zaenab (Camelia Malik).

Hamid berguru di Padang Panjang dan bertemu dengan kawan lama, Fakhrudin (Arman Effendy) dan Zainudin (Soultan Saladin). Hamid dan Fakhrudin lebih dekat pada pikiran gurunya, sementara Zainudin lebih radikal. Hamid dan kawan-kawan memperjuangkan nasib Halimah. Hamid berlayar menuju Mekkah, karena kecewa Zaenab menikah dengan orang lain. Halimah meneruskan perjuangan, tetapi akhirnya ditangkap Belanda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]