Di (konsep Tionghoa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hanzi untuk .

Di (Hanzi:地, hanyu pinyin: ; Wade-Giles Ti; lit. "bumi") adalah salah satu istilah tertua yang digunakan Bangsa RRT untuk menyebut bumi dan merupakan sebuah konsep kunci atau figur dalam Budaya Tionghoa dan agama. Pada Taoisme dan Konfusianisme, Di sering diterjemahkan sebagai "Bumi" dan disebutkan dalam hubungannya sebagai aspek pelengkap Tian (sering kali diterjemahkan sebagai "Surga").

Etimologi[sunting | sunting sumber]

dalam penulisan bahasa mandarin. Penulisan dalam sistem romanisasi kuno direkonstruksi sebagai *lˤej-s.[1] Tanda asterik (*) di depan kata merupakan penanda umum bahwa kata tersebut sudah tidak digunakan semenjak lama sehingga pengucapan yang sebenarnya tidak diketahui, dan kata yang mengikuti merupakan hasil rekonstruksi semata.

Huruf China 地 adalah sebuah komponen fono-semantik, merupakan kombinasi akar huruf 土 ("bumi", "tanah") dengan penanda bunyi 也 (hanyu pinyin: ;aksara kuno: *lajʔ[1]). Sebagai 埊, karakter tersebut merupakan bentuk alternatif yang digunakan oleh Maharani Wu Zetian, tetapi penggunaannya tidak berumur panjang.

Pandangan[sunting | sunting sumber]

Taoisme[sunting | sunting sumber]

Dualisme Tian (Surga) dan Di (Bumi) sangat penting dalam kosmologi Taois. keduanya dianggap mengatur kedua kutub dari Tiga Alam Kehidupan, yang mana alam di tengah merupakan tempat tinggal umat manusia.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Baxter, Wm. H. & Sagart, Laurent. Baxter–Sagart Old Chinese ReconstructionPDF (1.93 MB), pp. 20 & 176. 2011. Accessed 11 October 2011.