Dhoom 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dhoom 2 adalah film aksi-komedi India tahun 2006 yang disutradarai oleh Sanjay Gadhvi dan ditulis oleh Vijay Krishna Acharya. Film ini adalah sekuel dari film Dhoom pada tahun 2004. Film ini menampilkan Hrithik Roshan sebagai pencuri terkenal bernama Mr. A, Abhishek Bachchan sebagai polisi ACP Jai Dixit yang bertugas menangkap Mr. A, Aishwarya Rai sebagai Sunehri, seorang penari tari Bollywood yang bekerja sama dengan Mr. A dalam melakukan pencurian, dan Uday Chopra sebagai Ali, seorang polisi yang bekerja sama dengan ACP Jai Dixit dalam menangkap Mr. A.

Film ini mengisahkan tentang Mr. A yang terlibat dalam sebuah konspirasi untuk mencuri sebuah cincin berharga miliaran rupiah dari seorang miliarder di Rio de Janeiro, Brasil. ACP Jai Dixit dan timnya diharuskan untuk pergi ke Rio de Janeiro untuk menangkap Mr. A dan mengungkap konspirasi tersebut. Dalam perjalanannya, ACP Jai Dixit bertemu dengan Sunehri dan akhirnya jatuh cinta padanya. Namun, Sunehri ternyata adalah salah satu anggota tim Mr. A dan terlibat dalam konspirasi pencurian tersebut.

Dhoom 2 menampilkan beberapa lagu-lagu populer yang menjadi hits di India, termasuk "Dhoom Again", "My Name is Ali", dan "Crazy Kiya Re". Film ini meraih kesuksesan besar di box office dan menjadi salah satu film terlaris di India pada tahun 2006. Film ini juga memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Filmfare Award untuk "Best Action".

Film Dhoom 2 memperoleh ulasan yang positif dari para kritikus. Film ini dikenal karena aksi dan adegan-adegan pencurian yang menegangkan, serta penampilan aktor-aktor utamanya yang memukau. Hrithik Roshan dianugerahi Filmfare Award for Best Actor dengan berperan sebagai Mr. A, sementara Aishwarya Rai dinominasikan untuk Filmfare Award for Best Actress dengan berperan sebagai Sunehri.

Meskipun film ini tidak memiliki alur cerita yang terlalu kompleks, tetapi Dhoom 2 berhasil menghibur penonton dengan adegan-adegan aksi yang menegangkan dan komedi yang lucu. Film ini juga dikenal karena pemandangan indah Rio de Janeiro yang dipamerkan dalam film tersebut.

Dhoom 2 merupakan salah satu film India terpopuler sepanjang masa dan masih terus diputar di berbagai bioskop di seluruh dunia hingga saat ini. Film ini juga telah menginspirasi sekuel-sekuel berikutnya, yaitu Dhoom 3 (2013) dan Dhoom: Reloaded (2022).

Dhoom 2
SutradaraSanjay Gadhvi
ProduserAditya Chopra
PemeranHrithik Roshan
Abhishek Bachchan
Aishwarya Rai
Uday Chopra
Bipasha Basu
Penata musikPritam
SinematograferVikas Sivaraman
Nirav Shah
PenyuntingRameshwar S. Bhagat
DistributorYash Raj Films
Tanggal rilis
November 24, 2006
Durasi147 Minutes
NegaraIndia
BahasaHindi
AnggaranIndia Rs. 40 Crores - Approx. [11 Million US Dollars]
PrekuelDhoom (2004)
IMDbInformasi di IMDb

Dhoom 2 (Hindi: धूम २, Urdu: ٢ ﺩﻬﻭﻡ,Telugu: ధూమ్ 2, Tamil: தூம் 2) merupakan film lanjutan dari Dhoom yang dirilis pada tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Sanjay Gadhvi. Pemainnya antara lain Hritik Roshan, Abhishek Bachchan, Aishwarya Rai, Uday Chopra, dan Bipasha Basu. Subtitle ada yang di-dubbing memakai bahasa Telugu dan Tamil. Film ini syuting di Rio de Janeiro, Brazil dan di Duban, Afrika Selatan.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]